UNISMUH.AC.ID MAKASSAR – Rizka Damayanti, mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Unismuh Makassar, menjadi wisudawan terbaik tingkat Universitas. Hal itu diumumkan dalam Wisuda ke-80 Unismuh Makassar, di Balai Sidang Muktamar 47, Kampus Unismuh Makassar, Rabu, 11 Oktober 2023.

Rizka menyelesaikan studi dalam tempo 3 tahun 11 bulan, dengan IPK 3.80. Namun, bukan sekadar masa studi dan IPK yang membuatnya ditetapkan menjadi wisudawan terbaik.

Wisudawan terbaik tingkat Universitas, ditetapkan berdasarkan sejumlah kriteria. Mulai dari pengetahuan Al-Islam Kemuhammadiyahan, pemahaman Al-Qur’an, kemampuan akademik, kaderisasi, kepemimpinan, serta kontribusi dalam organisasi perguruan tinggi dan kehidupan mahasiswa.

Berdasarkan kriteria itu, Rizka memeroleh nilai rata-rata sebesar 96.40. Nilai itu lebih tinggi dari koleganya, A Nur Inayatul Aini (mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unismuh, dan Wahyudin Yahya (Mahasiswa Prodi Manajemen, FEB Unismuh). Keduanya merupakan mahasiswa terbaik kedua dan ketiga tingkat universitas.

Rizka memiliki tips khusus dalam meraih predikat Wisudawan Terbaik, yakni selalu mencari referensi untuk mata kuliah yang sulit dan tidak bergantung pada orang lain. Dedikasinya untuk mengatasi kesulitan dalam perkuliahan telah memotivasi dirinya sendiri.

Selama masa kuliahnya di Unismuh Makassar, Rizka meraih prestasi gemilang. Dia telah menerbitkan publikasi ilmiah tingkat internasional pada tahun 2023, memiliki hak cipta, dan memiliki beberapa artikel yang terbit pada jurnal Sinta.

Selain itu, ia telah mengikuti sertifikasi laboran berkompeten. Rizka juga berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat seperti MBKM Wirausaha Merdeka, KKN-Tematik di Desa Barua Kabupaten Bantaeng, serta program pengabdian lainnya yang bekerja sama dengan tim dosen di Kabupaten Takalar.

Tidak hanya di bidang akademik, Rizka juga aktif dalam berbagai organisasi. Ia merupakan generasi pertama Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota. Ia juga aktif sebagai Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Teknik. Jenjang kekaderannya bahkan telah mencapai level Pelatihan Instruktur IMM.

Rizka Damayanti memberikan pesan kepada adik-adik tingkatnya, mendorong mereka untuk berorganisasi. “Berorganisasi memberi pengalaman berharga, di luar pengalaman akademik,” ungkapnya.

Rizka saat ini sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2 dalam bidang Perencanaan Wilayah dan Kota. Sebagai wisudwan terbaik, Ia mendapat beasiswa dari Unismuh, dan akan diprioritaskan diangkat menjadi dosen, setelah menyelesaikan pendidikan magister.

Laporan langsung mahasiswa magang Ilmu Komunikasi unismuh makassar:

Friska,Rahmiati,Nurhikmah

Leave a Reply