UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Dosen Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unismuh Makassar Wardah, SSos MA, tampil jadi narasumber pada public speaking di Poltekkes Kemenkes Makassar, Sabtu, 23 September 2023.

Kegiatan Kelas Belajar Gratis (Kelara) 2 digelar oleh Kementerian Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (ILPI) Badan Eksekutif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar diikuti sebanyak 230 mahasiswa dari tujuh program studi yang berbeda.

Melalui materi yang dibawakan, Wardah menekankan pentingnya skill public speaking bagi mahasiswa dan juga bagi calon tenaga kesehatan.

“Tenaga medis perlu meyakinkan pasien agar mau memberikan informasi detil terkait gejala yang dirasakan untuk kepentingan diagnosis”, ungkap sarjana komunikasi Fisip

Tenaga medis juga perlu menjelaskan dengan tegas jika kondisi pasien cukup parah, kata Magister Komunikasi Pascasarjana UGM ini.

Koordinator ILPI, Riski Gunawan mengatakan public speaking merupakan skill pokok yang harus dimiliki mahasiswa.

“Kami sebagai tenaga kesehatan yg bakal terjun langsung bercengkerama dengan pasien yang tentunya memerlukan seni berbicara agar maksud pesan yg kami sampaikan dapat dipahami dengan baik oleh pasien”, ungkap mahasiswa kelahiran Bombana ini.

Riski yang juga sempat masuk top 12 duta lingkungan hidup Kota Makassar 2023, berharap agar semua peserta dapat lebih mengasah dan meningkatkan kemampuan dalam public speaking.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta antusias mengikuti materi, memberikan pertanyaan dan juga praktek langsung.***

Leave a Reply