UNISMUH.AC.ID, BONE – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Kelas Politik Cerdas pada Santri di MA Ma’had Hadits Al-Junaidiyah Biru, Kabupaten Bone, Kamis 21 September 2023.


Kegiatan PKM-PM ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Randhy Akbar, S.IP., M.Si. dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Ketua Tim PKM-PM Kelas Politik Cerdas Unismuh Makassar, Yuliana membawakan materi ke 3 yang fokus membahas terkait patologi pemilihan umum. Materi ke 3 ini adalah materi yang mengungkap tentang penyakit pemilihan umum diantaranya golongan putih dan politik uang.

Tim kelas politik cerdasa memiliki harapan kepada santri yang merupakan generasi Z dan pemilih pemula bisa menghindari terjadinya patologi pemilihan umum dalam hal ini politik uang dan golput, materi ini merupakan materi ke 3 yang kami sampaikan pada kelas politik cerdas, kami memilih materi patologi pemilu ini karena bagi pemilih pemula akan gampang terkena politik uang maupun golput.

“Jadi sebagai antisipasi awal agar pemilu bisa menjadi demokratis maka kegiatan ini mengeduksi para pemilih pemula untuk memahami penyakit atau patologi ini agar mereka nantinya bisa menghindarinya dan juga memberikan edukasi bagi orang lain,”ungkapnya.

Sementara itu, Salah satu santri kelas 12 Sosial Alim Anugrah yang mengikuti kelas politik cerdas mengatakan bahwa materi kali ini sangat luarbiasa karena kami baru tahu kalau ada patologi di sistem pemilu seperti golongan putih dan politik uang.

“Para santri merasa ini adalah hal yang harus kami ketahui sebelum kami memilih di pemilihan umum tahun 2024, kegiatan kelas politik cerdas juga menjadi kegiatan yang memberikan kami pemantik agar lebih semangat dalam mengikuti pesta rakyat pemilihan presiden” ungkapnya.

Leave a Reply