UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Setelah melalui Audit Mutu Internal (AMI) dan Assesmen Lapangan (AL) Tahun Akademik 2022-2023, Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar optimis raih akreditasi prodi Unggul.

Hal itu diungkapkan oleh Alamsyah, Ketua Prodi BKPI, dalam wawancara dengan media, Jumat, 8 September 2023.

Salah satu dokumen yang telah disiapkan berkaitan dengan 29 standar yang telah ditetapkan oleh Unismuh Makassar.

“Kami dari Prodi telah menyiapkan dokumennya yang dibutuhkan dalam audit Mutu,” kata Alamsyah.

Namun, beliau juga menyoroti perlunya beberapa aspek yang ditingkatkan, khususnya persiapan Alumni di tahun 2024, yang menjadi salah satu fokus dalam Indikator Kinerja Utama (IKU).

Alamsyah menambahkan bahwa banyak mata kuliah di Prodi BKPI yang melakukan penelitian dan pengabdian, sebagai bukti keseriusan mereka dalam penjaminan mutu pendidikan. Hal ini merupakan refleksi dari saran dan rekomendasi yang diberikan dalam audit sebelumnya.

Ketika ditanya tentang sistem pendukung AMI, Alamsyah menekankan pentingnya kesiapan dari segi server atau sistem yang telah disiapkan oleh Badan Penjaminan Mutu tingkat Universitas. Hal ini agar pihak auditor atau auditee tidak mengalami kendala dalam proses audit.

Menutup wawancaranya, Alamsyah optimis dengan pelaksanaan AMI kali ini. “Dengan adanya AMI, insyaallah Prodi BKPI akan berbenah menuju akreditasi Unggul dan insyaallah Universitas juga akan Unggul,” tutupnya dengan penuh semangat.

Leave a Reply