UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Gebrakan internasionalisasi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar terus berlanjut. Kali ini, Unismuh kembali melangsungkan Makassar Academic and Cultural Heritage (MACCA) Season IV. Pembukaan kegiatan dihelat pada Jumat, 8 September 2023 di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar.

Debut yang dibalut dengan simfoni akademik dan budaya tersebut merupakan bentuk ekspresi dari upaya intensif Lembaga Pengembangan Bahasa dan Kantor Urusan Internasional (LPBKUI) dalam menghadirkan lantunan harmoni internasional ke dalam ranah pendidikan di Makassar.

Ketua LPBKUI Maharida MPd menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya akan berlangsung selama 8 hari di Makassar, tapi juga akan dilakukan secara virtual hingga Februari 2024.

MACCA IV melibatkan partisipasi aktif dari 40 mahasiswa dan 6 dosen asing. Mereka berasal dari empat universitas ternama di Malaysia, yakni
Universiti Teknologi MARA, Malaysia (20 Mahasiswa, 2 Dosen), Universiti Teknologi Malaysia (14 Mahasiswa, 2 Dosen), Universiti Malaysia Sabah (5 Mahasiswa, 2 Dosen), dan Universiti Malaya KL (1 Mahasiswa).

“MACCA IV diikuti 40 peserta, sehingga menjadikan total mahasiswa asing di Unismuh tahun 2023 sebanyak 104 mahasiswa,” ungkap Maharida dalam laporan pembukaan.

Ia juga menyampaikan bahwa MACCA IV merupakan episode terakhir yang digelar di tingkat universitas. “Selanjutnya MACCA 5, 6, 7 dan 8 bakal dihelat di tingkat fakultas,” ujar Maharida.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse memperkenalkan profil singkat kampus yang dipimpinnya.

“Unismuh sudah berusia 60 tahun, dan telah menghasilkan alumni 72.844,” ungkap Ambo Asse.

Ia juga berharap semoga kehadiran MACCA dapat memperkuat kerja sama internasional Unismuh dengan perguruan tinggi terkemuka di Malaysia.

Rangkaian Acara

Selain kuliah umum dan sesi interaksi dengan beberapa fakultas di Unismuh, peserta MACCA juga akan diajak menyelami kekayaan budaya Makassar, mulai dari Outing Day di Somba Opu hingga eksplorasi di Kawasan UNESCO Geo-Park Rammang-Rammang.

Tidak hanya itu, panorama indah Sunset Quay, CPI, dan Benteng Rotterdam akan menjadi penutup manis dari rangkaian acara. MACCA Season IV meneruskan tradisi Unismuh dalam mengajak seluruh elemen pendidikan menyeberangi batas, mengeksplorasi akademik dan budaya dalam harmoni internasional.

Pembukaan MACCA IV dihadiri Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, dan Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi. Selain itu, turut hadir para Dekan, Wakil Dekan, Kepala Badan, Biro, dan Lembaga se Unismuh Makassar.

Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan Tarian Paraga khas Makassar, serta persembahan tarian Melayu Tradisional dari mahasiswa Universitas Teknologi Mara Malaysia.

Leave a Reply