UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sedang melaksanakan rangkaian Audit Mutu Internal (AMI) dan Assesmen Lapangan (AL) untuk Tahun Akademik 2022/2023.

AMI dan AL ini digelar dari tanggal 4 hingga 6 September 2023. Salah satu prodi yang menjadi fokus adalah Program Studi Agribisnis di Fakultas Pertanian.

Ketua Prodi Agribisnis, Nadir SP, MSi, menjelaskan langkah-langkah yang telah diambil untuk menyiapkan audit ini.

“Kami mempersiapkan segala dokumen dan bukti-bukti berdasarkan item-item standar yang telah ditentukan dalam AMI,” kata Nadir, Selasa, 5 September 2023.

Selain itu, prodi ini juga melihat hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembelajaran yang telah dilakukan oleh GKM dan Tim Monev Prodi Agribisnis sebagai indikator apakah mutu akademik berjalan dengan baik atau tidak.

“Salah satu yang kami lakukan untuk meningkatkan capaian prodi adalah dengan membuat analisis kebutuhan prodi yang berkaitan dengan akreditasi, seperti capaian dalam kegiatan Tridarma Dosen, proses pembelajaran, dan peningkatan prestasi mahasiswa,” tambah Nadir.

Menanggapi hasil AMI, Prodi Agribisnis berencana untuk melakukan integrasi berdasarkan temuan audit. “Poin penilaian yang sudah baik akan kami tingkatkan, dan yang masih kurang akan kami evaluasi untuk peningkatan di AMI selanjutnya,” jelasnya.

Selain itu, Kaprodi Agribisnis ini juga memberikan beberapa saran untuk penyelenggaraan AMI dan AL di masa mendatang.

“Sebaiknya konfirmasi pelaksanaan AMI ke unit-unit yang akan di-audit disampaikan lebih awal, dan kalau perlu satu bulan sebelum AMI sudah diterima untuk persiapan dokumen lebih awal,” sarannya.

Ia juga menambahkan bahwa sistem IT yang digunakan untuk AMI sebaiknya terintegrasi dengan Sistem Pengelolaan Penjaminan Mutu (Sispenmu) prodi masing-masing.

Dengan persiapan yang matang, Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Unismuh Makassar optimis dalam menghadapi AMI dan AL ini dan berharap bisa memberikan kontribusi signifikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Unismuh Muhammadiyah Makassar.

Leave a Reply