UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Saat ini tercatat sebanyak 652 mahasiswa Unismuh Makassar berpretasi dan mengharumkan nama kampus pada skala lokal, wilayah, nasional dan internasional. Prestasi mahasiswa bidang akademik mencapai 82 juara, prestasi non akademik dengan capaian 50 juara serta prestasi internasional dengan 21 capaian kompetisi. Selain itu pada hibak Kemendikbudristek mencapai 56 prestasi.

Demikian Pemaparan Wakil Rektor III Unismuh Makassar diwakili Ketua LPKA (Lembaga pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni) Unismuh Dr Ir Nenny ST MT IPM pada hari pertama Raker Unismuh 2023 di Balai Sidang Unismuh Makassar, Rabu 30 Agustus 2023.

Pada pemaparan program kerja Wakil Rektor III juga mengemuka tuntutan mendesak kehadiran sarana dan prasana olah raga guna lebih meningkatkan prestasi mahasiswa non akademik termasuk olah raga.

Menjawab tuntutan itu, Dr Neny menekankan selama ini untuk sarana olahraga pihak kampus telah menjalin kerjasama dengan beberapa pengelola sarana olah raga yang jadi tempat mahasiswa melakukan latihan.

Dia berharap semoga para Raker Unismuh 2023, usulan pengadaan sarana dan prasaran olahraga dapat menjadi skala prioitas karena kehadirannya sangat dibutuhkan para mahasiswa dalam meningkatkan prestasi olahraga, katanya.

Ditambahkan, sepanjang 2022-2023 kegiatan Kemendikbud yang diikuti Unismuh Makassar di antaranya yakni; Kompetisi Matematika dan IPA; Debat Bahasa Inggeris; Debat Bahasa Indonesia; Program Kreatifitas Mahasiswa; Konteks Robot Indonesia; Pekan Seni Mahasiswa; Kompetisi inovasi Bisnis Mahasiswa; Program Wira Desa.

Jenis kegiatan internasional yang diikuti Unismuh Makassar di antaranya; International Qur’anic Competition; Daqwah Academiy International; Hafalan Hadist Internasional; International Cartoon Exibition; Asia Pasific Youth SDGs Summit; SDGs Videoo Campain Global Goalds Youth 2022.

Selain itu ada juga kegiatan Blobal Goals Youth Summit; Photografy Competition; International Business Idea Pitching Competition; Indonesia International IOT Olimpiade; Undertasing Asean Singapore Polytechnic.

Pada pengembangan minat bakat dan kelembagaan mahasiswa tercatat prestasi di antaranya; juara 1 lomba Syair Frasa Arabic Fest 2022; Juara lomba pidato Bahasa Arab Frasa Arabic Fest 2022; juara I cabang olahraga pencak silat; pelatihan bela negara; lomba pidato tiga bahasa eveny I-Compfes.

Pengembangan karir dan kewirausaan jumlah mahasiswa yang telah mengikuti program magang bersertifikat sebanyak 8 orang di Kementerian BUMN dan Kemendikbud pada tiga Perusahaan di Bank BTN, Pelindo IV dan Bulog.

Kegiatan magang bersertifikat ini yakni; Job Fair; kunjungan disnaker; pembuatan Kartu Antar Kerja; kelas karir; masa orientasi kerja.

Sepanjang tahun 2022/2023 total mahasiswa penerima bea siswa 1371 orang terdiri atas penerima KIP 357 mahasiswa; KIP On Going 740 orang; Pemda (249); Difabel (5) dan BRIN dan BU (20).

Kegiatan kemahasiswaan di Unismuh Makassar juga telah mendapat anugrah dari kantor LLDIKTI IX sebagai perguruan tinggi dengan kinerja Kemahasiswaan Terbaik 2023. ***

Leave a Reply