UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Singapura, Malaysia, dan Thailand pada tanggal 3-8 Agustus 2023 menjadi saksi partisipasi Mardatillah Umar, seorang mahasiswi dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Makassar, dalam Youth Innovation Forum yang diselenggarakan oleh Global Youth Action.

Mardatillah mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan mendukung visi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk tahun 2030 terkait Sustainable Development Goals (SDGs).

“Di tengah dinamika ASEAN saat ini yang tengah berupaya untuk mencapai 17 tujuan dari SDGs pada tahun 2030, kami, sebagai generasi muda di kawasan ini, memegang peran penting. Kami memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan ASEAN berada di jalur yang tepat menuju pencapaian tujuan-tujuan tersebut,” kata Mardatillah, saat dihubungi, Senin, 28 Agustus 2023.

Menurut Mardatillah, Global Youth Action menyediakan platform bagi para pemuda untuk mengekspresikan ide-ide inovatif terkait SDGs. Forum ini bukan hanya tentang diskusi, namun juga peningkatan pemahaman mengenai ASEAN dan bagaimana calon pemimpin masa depan dapat beraksi secara konkret sebagai agen perubahan di kawasan ini.

Selain itu, Mardatillah menekankan pentingnya pertukaran budaya dalam forum ini. “Ini bukan hanya sebuah forum diskusi. Melalui pertukaran budaya, kami dapat mempererat hubungan antarnegara dan membangun relasi yang lebih kokoh,” jelasnya.

“Youth Innovation Forum,” lanjut Mardatillah, “memberikan kesempatan emas bagi para pemuda untuk berbagi, belajar, dan mempraktikkan ide-ide inovatif yang sustainable. Kami diajak untuk tidak hanya berpikir, namun juga bertindak, memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar dan mendorong perubahan nyata.”

Dengan semangatnya, Mardatillah berharap, “Program ini akan menjadi cikal bakal munculnya pemimpin-pemimpin muda yang tidak hanya kreatif, tetapi juga memiliki integritas dan komitmen untuk menciptakan perubahan nyata bagi masyarakat.”

Leave a Reply