UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Memperkuat sinergi pendidikan, Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar resmi menggandeng Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung (Unisba) melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA). Acara penandatanganan ini berlangsung di Ruang Seminar FAI, Gedung Iqra lantai 4 Unismuh Makassar, pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Dekan FAI Unismuh Makassar, Dr Amirah Mawardi, menyampaikan bahwa MoA tersebut merupakan langkah konkret pasca penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dilakukan oleh Rektor Unismuh dan Rektor Universitas Islam Bandung sebelumnya.

Lingkup MoA kedua fakultas yakni kerjasama meliputi berbagai aspek akademik dan keilmuan, mulai dari pertukaran mahasiswa, penyelenggaraan perkuliahan bersama, riset kolaboratif, hingga formasi tim penelitian.

Tidak hanya itu, kerjasama ini juga mendorong publikasi ilmiah bersama, kolaborasi pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan seminar, lokakarya, serta pengembangan manajemen dan tata kelola organisasi.

Wakil Dekan I FAI Unismuh Dr M Ilham Muchtar menambahkan, selain MoA, juga dihelat penandatanganan Implementasi Kerjasama antara Prodi Hukum Keluarga FAI Unismuh dengan Prodi Hukum Keluarga Islam Unisba.

Implementasi kerjasama tersebut dalam bentuk program Studium General Hukum Keluarga Islam, yang akan digelar pada bulan Oktober secara hybrid di Unisba dan secara daring melalui zoom.

Dalam acara ini, delegasi Unisba dipimpin Dekan Fakultas Syariah Dr Titin Suprihatin, didampingi Wakil Dekan Bidang Kerjasama Ifa Hanifiya Senjiati, dan Kaprodi Perbankan Syariah Yayat Rahmat Hidayat.

Leave a Reply