UNISMUH.AC.ID, GOWA – Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar akan menjadikan sekolah binaan Madrasah Aliyah Aisyiyah Sungguminasa Gowa.

Rencana sekolah binaan ini terungkap saat Kepala MA Aisyiyah Sungguminasa Muh Ali H, S.Ag, M.Pd.I melakukan silaturrahim dengan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh, Syukri S.Sos M.Si, Senin sore 14 Agustus 2023 di Ruang Prodi Komunikasi Lt.5 Gedung Iqra Unismuh Makassar.

Kepada media Senin sore Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh, Syukri mengatakan, dalam waktu dekat naskah kerja sama akan ditandatangani kedua belah pihak.

Prodi Ilmu Komunikasi akan memberi bantuan sumber daya manusia dalam upaya membantu MA Aisyiyah Sungguminasa mempromosikan dan mensosialisasikan sekolahnya lewat media massa dan media sosial.

Selain itu pihak prodi ilmu komunikasi juga ada membantu dalam produksi konten untuk di upload pada platfon media sosial sekolah yakni website sekolah, FB, Instagram dan media lainnya.

Hal sama juga akan dilakukan pelatihan jurnalistik online, pelatihan publik speaking dan pelatihan pengelolaan majalah dinding yang akan dilakukan para dosen dan mahasiswa.

Pelatihan konten kreator bagi siswa juga akan dilakukan dengan nara sumber mahasiswa dan dosen yang sudah berpengalaman.

Kepala MA Aisyiyah Sungguminasa Muh Ali H, S.Ag, M.Pd.I pada kesempatan itu menyambut baik dan merespon positif rencana kerja sama jadi sekolah binaan.

Platfon media sosial yang dimiliki sekolah pengelolaannya selama ini masih sangat sederhana sehingga butuh pendampingan dari pihak kampus apalagi dari dosen dan mahasiswa ilmu komunikasi, katanya.

Pihak sekolah siap dan menunggu penandatangan kerjasama kedua belah pihak agar secepatnya ada aksi melakukan pendampingan pembenahan konten dan platfon media sekolah, tandasnya.

Saat ini pada tahun ajaran 2023/2024 sekolah membina siswa-siswi sebanyak 121 orang pada kelas X sebanyak 42 orang, kelas XI (39) serta kelas XII (33). Dua tahun terakhir ini siswa dan siswi mengalami peningkatan singnifikan.

Tahun ajaran 2023/2024 siswa baru yang diterima pada dua jurusan IPA dan IPS berjumlah 49 orang mengalami peningkatan dari dua tahun sebelumnya, 2022 siswa baru 39 dan tahun ajaran 2021 siswa baru 33 orang.

Peningkatan peminat siswa baru dalam dua tahun terakhir tidak terlepas dari promosi dan sosialisasi yang gencar lewat platfon media sosial dan media massa.

Sekolah punya FB, Instagram serta website sekolah yang terus menerus dibenahi konten yang akan disebar kepada warganet.

MA Aisyiyah Sungguminas saat ini punya sumber daya guru mencapai 20 orang dan dua tenaga kependidikan. Satu orang diantaranya Syahril SE yang juga Bendahara MA Aisyiyah telah meninggal dunia, Rabu 9 Agustus 2023. Almarhum ini adalah alumni Prodi Akuntansi FEB Unismuh Makassar.

Diantara guru tersebut ada beberapa diantaranya adalah alumni Unismuh Makassar. Para alumni Unismuh itu adalah; Muh Ali H, S.Ag, M.Pd.I, (PPs-Unismuh Makassar); Karmila, S.Pd alumni Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris; Sitti Rahma (Pendidikan Agama Islam);

Muh. Alwi (Bahasa Arab). Muh Haerul Anam (Pendidikan Agama Islam) Syarifuddin (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia); Suhana (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia); Nurhayati (Pendidikan Sosiologi). ***

Leave a Reply