UNISMUH.AC.ID, KUALA LUMPUR, MALAYSIA – Suatu kebanggaan bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar karena 25 mahasiswa dan 10 dosen terlibat dalam program Kuliah Kerja Profesi (KKP) internasional di Malaysia. Event KKP Internasional ini berlangsung selama lima hari, dari tanggal 18 hingga 22 Juli 2023.

Geliat kegiatan ini merupakan bagian dari upaya luar biasa perguruan tinggi untuk memperkaya pengalaman kerja praktis mahasiswa dalam skala internasional. Mahasiswa-mahasiswa ini memiliki kesempatan langka untuk berkunjung ke objek wisata yang melegenda di Kuala Lumpur, yakni Batu Caves yang terletak di Gombak, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia.

Tak diragukan lagi, Batu Caves adalah bukit kapur yang mempesona dengan serangkaian gua dan kuil Hindu yang didedikasikan kepada Dewa Murugan. Sebagai destinasi religius paling signifikan dan juga menjadi tempat perayaan festival Thaipusam di Malaysia, tempat ini letaknya sekitar 13 km dari pusat kota Kuala Lumpur, dengan kebijakan tanpa biaya masuk.

Salah satu peserta KKP internasional bernama Sri Rahayu dengan penuh antusias menggambarkan pengalamannya ketika pertama kali menginjakkan kaki di Batu Caves.

“Landmark pertama yang memukau hati saya adalah patung emas Dewa Murugan, setinggi 42,7 meter, menjulang tinggi sebagai yang tertinggi di dunia. Kemudian, di belakangnya terdapat 272 anak tangga curam yang membawa ke sebuah gua suci yang berfungsi sebagai kuil. Saya takjub dan tanpa ragu langsung memutuskan untuk memanjat ke atas,” ceritanya.

Dengan program KKP internasional ini, para mahasiswa diharapkan menerima pengalaman yang amat berharga untuk melebarkan cakrawala mereka tentang dunia luar hingga jaringan Internasional, dan dengan tatap muka budaya-budaya yang berbeda. Semoga pengalaman ini dapat menjadi cambuk semangat bagi perkembangan akademis dan pribadi para mahasiswa Unismuh.

Leave a Reply