UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Setelah melalui proses yang panjang dan tekun, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi unggul ini menjadi pengakuan atas kualitas dan prestasi yang luar biasa dari program studi tersebut.

Sebelumnya, Program Studi HES telah terakreditasi dengan nilai A, yang berlaku hingga tahun 2024. Namun, tim akreditasi Prodi HES tidak berhenti di situ.

Dalam menghadapi perubahan regulasi yang memungkinkan program studi dengan akreditasi A untuk mengajukan konversi menjadi akreditasi unggul, mereka dengan serius memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan kualitas dan reputasi prodi.

Dr Hasanuddin, Ketua Prodi HES Unismuh, menceritakan tentang perjalanan panjang menuju pencapaian prestasi ini.

“Kami menetapkan target untuk mengajukan konversi akreditasi menjadi akreditasi unggul. Dengan kerja keras dan dedikasi, kami berhasil meraih akreditasi Unggul yang menjadi target utama kami,” ungkapnya.

Faktor pendukung yang kuat dalam pencapaian akreditasi unggul ini, lanjutnya, adalah kerjasama yang solid dari tim akreditasi serta dukungan yang sangat berarti dari berbagai pihak, baik internal prodi HES, fakultas, maupun universitas. Dukungan ini memungkinkan mereka untuk mengatasi berbagai tantangan selama proses akreditasi.

Tentunya, tidak ada perjuangan tanpa kendala. Tantangan utama yang dihadapi dalam persiapan akreditasi atau konversi akreditasi ini, kata Hasanuddin, adalah pemahaman tentang instrumen konversi yang baru bagi mereka.

Namun, berkat dukungan dari berbagai pihak yang lebih memahami regulasi ini, akhirnya kendala tersebut dapat mereka atasi dengan baik.

Kesuksesan meraih akreditasi unggul ini tidak lepas dari kerjasama yang solid dari tim akreditasi serta dukungan penuh dari berbagai pihak.

“Para dosen internal Prodi HES, Pimpinan Fakultas Agama Islam, Gugus Kendali Mutu (GKM) Fakultas Agama Islam, hingga Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh Makassar, semuanya telah berperan penting dalam pencapaian prestasi ini,” jelas Hasanuddin.

Dengan meraih akreditasi Unggul, Prodi HES berharap dapat terus meningkatkan kualitas dan kinerja internalnya di masa depan, terutama dalam peningkatan kualitas dosen dan pembinaan yang maksimal terhadap para mahasiswa.

Prestasi akreditasi Unggul ini juga diharapkan menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa baru yang ingin merasakan manfaat dari lingkungan akademik berkualitas yang mereka tawarkan.

“Kami mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tim akreditasi dan pihak-pihak yang turut mendukung Prodi HES dalam meraih akreditasi unggul ini,” ungkap Dekan Fakultas Agama Islam Unismuh Dr Amirah Mawardi.

Dekan FAI Unismuh juga menyebut, bahwa Ketua prodi HES FAI Unismuh adalah orang yang merasakan kebahagiaan ganda pasa hari yang sama. “Hari ini beliau juga menjalani Sidang Promosi Doktor Ilmu Hukum di UMI, Alhamdulillah,” tutup Amirah.

Leave a Reply