UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah menggelar Pembukaan kegiatan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) pada Jumat, 28 Juli 2023 di Lantai 2 Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh

PIKIR Tahun 2023 mengangkat tema “Youth Action Towards Indonesia Net Zero Emission 2060”.

PIKIR merupakan salah satu kegiatan nasional yang diadakan setiap tahun oleh UKM LKIM-PENA Universitas Muhammadiyah Makassar, berupa ajang lomba untuk mahasiswa dan siswa.

Beberapa lomba yang diselenggarakan dalam PIKIR 2023 meliputi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, Lomba Esai Mahasiswa, Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa, dan Lomba PENTAS Siswa.

Wakil Rektor IV Unismuh Makassar Dr Mawardi Pewangi menyatakan bahwa menulis merupakan perintah agama syariat Islam yang selalu harus diingat.

“Ada tiga perintah utama, yaitu membaca, meneliti, dan menulis. Semoga kegiatan ini mendapatkan berkah,” ungkapnya.

Dr Aminuddin Tarawe, perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, juga menyoroti pentingnya ajang menulis dalam PIKIR ini.

“Kegiatan menulis sangat penting dan identik dengan penguasaan metodologi riset. Jika sudah menguasainya, maka akan bermanfaat dan aman untuk masa depan,” ungkapnya.

Pembina UKM LKIM-PENA, Dr Muh Arif Muhsin berharap agar ajang ini menjadi cikal bakal untuk menciptakan siswa dan mahasiswa yang kreatif, baik untuk tingkat SMA maupun perguruan tinggi.

Ketua Umum UKM LKIM-PENA, Lukmanul Hakim Amran Saputra, menekankan bahwa Perubahan Iklim menjadi keresahan masyarakat Indonesia saat ini, dan tema dari ajang PIKIR ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk permasalahan lingkungan saat ini.

Dalam ajang PIKIR ini, universitas yang berhasil menjadi finalis, yakni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Mataram, Universitas Pertahanan Republik Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Universitas Trunojoyo Madura, UPN Veteran Jakarta, UPN Veteran Jawa Timur, dan Universitas Hasanuddin. Selain itu, berbagai sekolah dari Makassar, Takalar, Bulukumba, dan Gowa juga berpartisipasi dalam ajang ini.

Ketua panitia, Muh Anwar, juga menjelaskan bagaimana ajang PIKIR tahun ini dibentuk sebagai wadah kreativitas bagi para siswa dan mahasiswa dalam memberikan solusi terhadap isu lingkungan sekitar.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, diharapkan ajang PIKIR Tahun 2023 dapat memberikan sumbangsih nyata dalam upaya mengatasi perubahan iklim dan tantangan lingkungan di Indonesia. Mari bersama-sama menciptakan solusi untuk masa depan yang berkelanjutan.

Leave a Reply