UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan Kuliah Tamu (Guest Lecture) International pada hari Sabtu, 22 Juli 2023.

Acara Public Lecture ini berlangsung di Aula Fakultas Teknik Unismuh Makassar dan menampilkan dua dosen dari Faculty Of Design And Architecture Universiti Putra Malaysia, yaitu Lar. Mohd Nazri Saidon dan Dr. Noor Fazamimah Mohd Ariffin. Khilda Wildana Nur ST MT bertindak sebagai moderator dalam acara ini.

Lar. Mohd Nazri Saidon memberikan materi berjudul “Landscape Architecture Pedagogy: UPM Study Learning Experienced,” membahas praktik dan aplikasi Problem-Based Learning (PBL) pada mata kuliah Landscape Architecture.

Kaprodi Arsitektur Fakultas Teknik Unismuh Makassar, Citra Amalia, ST MT, menjelaskan bahwa materi ini mencakup proses pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat dalam mengasah pemikiran kritis, pembelajaran kelompok dengan brainstorming, dan pentingnya kunjungan lapangan. Mahasiswa diharapkan aktif dalam proses perumusan konsep, baik dalam tugas individu maupun kelompok.

Sementara itu, Dr. Noor Fazamimah Mohd Ariffin membawakan materi “Uses Of Islamic Values In The Design of Traditional Malay House.” Dalam pemaparannya, dia menjelaskan tentang penerapan nilai keIslaman pada bangunan suku Melayu, mulai dari pengaturan denah rumah, pembagian ruang publik dan privat yang pada dasarnya merupakan proteksi terhadap aurat perempuan, serta adat bertamu.

“Bangunan tradisional Melayu dapat menjadi panduan dalam perencanaan bangunan saat ini di tengah modernisasi,” ungkapnya. Ia menambahkan bahwa rumah tradisional Melayu memiliki ciri khas yang berbeda tergantung lokasinya. “Jika berada dekat perbatasan Indonesia, maka bentuknya cenderung menyerupai rumah panggung di Sumatera dan Kalimantan,” tutupnya.

Leave a Reply