UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Benchmarking Pemerintahan Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar dilaksanakan
Selasa-Kamis, 11-13 Juli 2023.

Out put dari kuliah lapangan ini para mahasiswa didampingi dosen pembimbing ditargetkan mempublikasikan 8 artikel ilmiah pada jurnal bereputasi pada skala nasional dan internasional.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar, Ahmad Harakan S.Ip ,M.Hi kepada kepada media, Sabtu 22 Juli 2023.

Dijelaskan, artikel ilmiah yang akan dihasilkan adalah sebagai berikut pertama, Strategi Kebijakan Tata Kelola Pesisir yang Berkelanjutan di Kab Bulukumba.

Kedua, Partisipasi Masyarakat untuk Model Pariwisata Berkelanjutan di Kawasan Pesisir Bulukumba

Ketiga, Community-Based Organization dalam Pengembangan UMKM di Wilayah Pesisir Bulukumba

Keempat, Coastal Area Resilient dalam Menghadapi Urbanisasi Wilayah Pesisir di Kab Bulukumba.

Kelima, Dampak Pembangunan Pesisir Terhadap Risiko Bencana: Tinjauan Terhadap Kebijakan dan Praktik Mitigasi di Wilayah Pesisir.

Keenam, Partnership Governance dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Pesisir: Analisis Kerjasama antara Pemerintah, Sektor Swasta, dan Masyarakat Lokal.

Ketujuh, Multilevel Governance Collaboration dalam Implementasi Blue Ekonomi Sektor Perikanan di Kabupaten Bulukumba.

Kedelapan, Adaptiv Governance dalam Pengelolaan Dampak Sosial Eksploitasi Sumber Daya di Wilayah Pesisir.

Kuliah lapangan ini diikuti 80 mahasiswa dengan 15 dosen pembimbing. Para mahasiswa yang telah dibagi delapan kelompok itu sebelumnya membuat laporan selama berada di lapangan.

Setelah selesai laporan dengan dibimbing dosen khusus didampingi lagi untuk menulis naskah artikel jurnal sampai artikel selesai dan dikirim ke pengelola jurnal bereputasi.

Tradisi akademik membimbing mahasiswa yang selesai melakukan kuliah lapangan menulis artikel ilmiah telah dilakukan saat periode Ketua Prodi IP Fisip Unismuh Makassar, Dr. Nuryanti Mustari,S.IP.,M.Si.***

Leave a Reply