UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Sebanyak 25 mahasiswa dan 8 dosen dari Filipina dan Malaysia mengikuti kegiatan Makassar Academic and Cultural Heritage (MACCA) 2023 Batch III yang dihelat Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Mereka berasal dari Universitas Ateneo de Davao Filipina, dan Universitas Putra Malaysia (UPM). Mereka bakal berada di Makassar selama sepakan, 20 – 27 Juli 2023.

Program MACCA ini merupakan kegiatan pertukaran dan dosen dan mahasiswa internasional di Unismuh Makassar yang telah dilaksanakan sebanyak 3 kali pada tahun 2023. Macca batch 1 digelar pada Februari, batch II pada bulan Mei, dan kali ini batch III di bulan Juli 2023.

Kegiatan pembukaan acara itu dihelat di Balai Sidang Muktamar 47, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Jumat, 21 Juli 2023.

Kegiatan diawali dengan atraksi pencak silat dari UKM Tapak Suci Unismuh Makassar. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia yang juga merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa dan Kantor Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh Makassar Maharida MPd.

Setelah itu, sambutan selamat datang yang disampaikan Pelaksana Harian Rektor Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda. Ia mengemukakan profil Unismuh Makassar, mulai dari visi hingga jumlah fakultas dan prodi yang dibina kampus milik Persyarikatan Muhammadiyah itu.

Rakhim juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi dua kampus asing tersebut dalam kegiatan Macca Batch III. Ia berharap semoga pelayanan tuan rumah tidak mengecewakan para tamu.

Acara pembukaan diakhiri dengan pemasangan Songkok Recca bagi dosen tamu laki-laki dan pengalungan sarung sutera bagi dosen tamu perempuan. Sedangkan mahasiswa asing menerima pemasangan atribut tanda pengenal peserta.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan kuliah tamu Dr. Liza G. Floresca dari Universitas Ateneo de Davao Filipina, dan Dr. Lar Mohd Nazri Saidon dari Universitas Putra Malaysia. Keduanya menampilkan gambaran profil kampus dan prospek kerja sama di masa mendatang.
Beberapa dosen asing tersebut juga akan menyampaikan kuliah tamu di beberapa prodi. Mohd Nazri Saidon (UPM) akan jadi narasumber kuliah tamu di Prodi Arsitektur, Dr. Noor Fazamimah Mohd Ariffin (UPM) di Prodi Informatika.

Sementara dosen dari Davao Filipina Dr. Apple G. Alvarez bakal mengisi kuliah tamu di prodi kebidanan, sementara prodi keperawatan bakal diisi oleh Roy Cresencio R. Linao dan Cynthia Jane G. Villanueva.

Prodi Farmasi juga bakal menghadirkan dosen Universitas Davao, yakni Joel Mikee A. Beldua. Kuliag tamu di FISIP Unismuh juga bakal menghadirkan Roy Cresencio Linao.

Selain itu, 25 orang mahasiswa asing dari kedua kampus tersebut bakal belajar budaya lokal dan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).

Selain belajar dalam kelas, para mahasiswa tersebut juga bakal dijadwalkan mengunjungi Balla Lompoa, Benteng Rotterdam, dan perkampungan Karst Rammang-rammang.



Leave a Reply