UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Seminar Pendidikan Politik dengan tema “Menuju Tahun Politik: Milenial Berdemokrasi, Milenial Bernomokasi” digelar di Mini Hall Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Kamis 20 Juli 2023. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi (Himaprodi) dan Prodi Pendidikan Sosiologi FKIP Unismuh Makassar.

Romi Librayanto, dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, yang menjadi narasumber dalam seminar ini, menilai kegiatan ini sebagai wadah yang sangat menarik dan bermanfaat. “Kita harus memperbanyak literasi pendidikan politik dan hukum-hukum yang ada di dalamnya sehingga kita paham tentang bagaimana politik itu berjalan dan cara menyikapinya,” ujarnya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FKIP Unismuh Makassar, Muhammad Akhir, yang mengapresiasi kegiatan ini dan menekankan dukungannya terhadap inisiatif-inisiatif yang dijalankan oleh Himaprodi Pendidikan Sosiologi.

Menurut Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi, Jamaluddin Arifin, seminar ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, terutama menjelang tahun politik. “Sebelum pesta politik harus ada bekal dan kegiatan ini sebagai pemantik dalam menyambut tahun politik,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Himaprodi Pendidikan Sosiologi, Fasikul Ikhsan, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana peningkatan literasi pendidikan politik di era milenial dan membahas posisi mahasiswa dalam menyikapi tahun politik yang akan datang.

Dihadiri oleh sekitar 60 peserta yang terdiri dari siswa, mahasiswa, dan dosen, seminar ini memberikan kesempatan untuk diskusi dan literasi tentang isu politik kontemporer.

Seminar ini sekaligus menjadi perwujudan komitmen Prodi Pendidikan Sosiologi FKIP Unismuh Makassar dalam memberikan ruang diskusi bagi dosen dan mahasiswa untuk membahas isu-isu kontemporer.

Leave a Reply