UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Angkatan 2020 menggelar Benchmarking, Selasa, 11 Juli 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba selama tiga hari dimulai dari tanggal 11 hingga 13 Juli 2023.

Benchmarking ini dihadiri langsung oleh Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf dan Sekretaris Daerah Bulukumba, dengan tema ” Transformasi Kebijakan Tata Kelola Pariwisata Wilayah Pesisir Pasca Covid 2019″

Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Ahmad Harakan SIP MHI, mengatakan bahwa Bencmarking ini merupakan mata kuliah tahunan di prodi ilmu pemerintahan sejak Tahun 2012 yang merujuk pada keberlanjutan pengembangan wilayah pemerintahan.

“Bencmarking yang dilaksanakan di Bulukumba dengan pertimbangan bahwa daerah Bulukumba merupakan potensi wisata nomor 2 di Indonesia, kegiatan Bencmarking ini di ikuti sebanyak 85 peserta yang dibagi menjadi 8 kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh dosen pendamping,” paparnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa luaran kegiatan benchmarking ini adalah publikasi artikel ilmiah pada jurnal bereputasi dan tersusunnya Book chapter yang ber ISBN.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf menyebutkan misi kota Bulukumba yakni “Mengembangkan destinasi wisata untuk menarik wisatawan domestik dan mancanegara”.

Dimana hal tersebut menjadikan tingkat kunjungan wisatawan meningkat, sejak tahun 2018 mencapai angka 266.348 pengunjung dan terakhir tahun 2022 mencapaik angka 682.777 pengunjung.

“Dampak dari kunjungan wisatawan yang meningkat menjadikan PAD Bulukumba dari sektor pariwisata juga meningkat Tahun 2018 mencapai Rp 3.075.895.000 hingga Tahun 2022 mencapai Rp 7.310.431.000 Potensi destinasi wisata di Bulukmba diantaranya potensi pariwisata bahari, Kawasan pembuatan kapal phinisi,
Kawasan adat ammatoa,” jelasnya.

Fajar Alamsyah selaku Kordinator Kelompok menyampaikan bahwa salah satu kelompok benchmarking pemerintahan yakni kelompok tujuh dengan dosen pendamping Ibu Dr Nuryanti Mustari SIP MSi dan MutmainnaH SIP MSi yang beranggotakan 10 orang.

Keompok tujuh tersebut berencana akan membahas “Multilevel Governance Collaboration Dalam Iplementasi Blue Ekonomi” di Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba.

Fajar juga berharap agar terjalin kerjasama yang baik antara kedua belah pihak sehingga mampu mencapai hasil yang baik.

Nuryanti Mustari SIP MSi selaku Dosen pendamping Kelompok Tujuh menyampaikan harapannya agar mencapai hasil yang baik.

“Harapan dari keluaran Bencmarking ini tidak hanya sekedar berlalu begitu saja, tetapi ada hasil, value dan outcome yang didapatkan,” ujarnya.

Leave a Reply