UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Malam ramah tamah dalam rangka wisuda diploma dan sarjana ke-79 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unismuh Makassar berlangsung Senin malam, 19Juni 2023.

Acara ini berlangsung penuh kekeluargaan dan dihadiri oleh para pimpinan universitas, dosen, staf, serta alumni FEB Unismuh.

Wakil Dekan III FEB Unismuh, Abdul Muttalib, menyampaikan bahwa malam ramah tamah ini dihadiri oleh pimpinan universitas yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Abd Rakhim Nanda.

Selain itu turut hadir Dekan FEB, Dr. Andi Jam’an, serta para wakil dekan, ketua program studi, dosen, staf, Anggota Badan Pengurus Harian (BPH) Unismuh, Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pusat, Ketua IKA Fakultas, Lembaga Kemahasiswaan, alumni, dan orang tua dari para wisudawan.

Dalam acara tersebut, Wakil Dekan I FEB Unismuh, Agusdiwana Suarni, membacakan nama-nama alumni terbaik tingkat program studi dan fakultas.

Lima alumni terbaik tingkat program studi yang terpilih adalah Iin Febriyanti (Prodi Ekonomi Pembangunan) asal Kabupaten Luwu, Nabila Asisah Ayu (Prodi Manajemen) asal Kabupaten Bulukumba, Firmansyah (Prodi Akuntansi) asal Kabupaten Wajo, Wafiq Siti Asisah (Prodi Ekonomi Islam) asal Manado, dan Darwati (Prodi D3 Perpajakan) asal Kabupaten Jeneponto.

Dari kelima alumni terbaik tingkat program studi tersebut, alumni terbaik tingkat fakultas jatuh kepada Firmansyah dari Prodi Akuntansi asal Kabupaten Wajo.

Selain itu, juga diumumkan beberapa dosen terbaik dari lima program studi di FEB, dengan kategori dosen terbanyak di Google Scholar.

Salah satu dari lima dosen yang menerima penghargaan tersebut adalah Ismail Rasulong, SE, MM, mantan Dekan FEB periode 2016-2020 dari Prodi Ekonomi Pembangunan.

Adapun dosen-dosen lain yang menerima penghargaan adalah Wakil Dekan I, Agusdiwana Suarni, SE, M.Si, Ak dari Prodi Ekonomi Islam, Muhammad Nur Abdi, SE, MM dari Prodi Manajemen, Dr. Chairul Ihsan Burhanuddin, SE, M.Ak dari Prodi Akuntansi, serta Muhammad Adil, SE, M.Ak, Ak.

Mahasiswa dan dosen berprestasi ini telah diberikan reward oleh Fakultas. Setelah penyerahan reward, dilanjutkan dengan penyerahan alumni dari dekan ke IKA Fakultas, yang kemudian diserahkan ke Ketua IKA Pusat.

Dalam acara ramah tamah ini, dilaksanakan juga pengajian
oleh Anggota BPH Unismuh, Prof. Budu.

Prof. Budu yang merupakan mantan Dekan pertama FKIP Unismuh, memberikan nasihat berharga kepada para alumni.

Dalam pengajiannya, beliau menyampaikan bahwa seorang alumni akan menghadapi tiga situasi penting dalam hidupnya. Pertama, ilmu yang diperoleh di kampus akan digunakan untuk mencari pekerjaan. Kedua, ada yang akan memilih untuk berkeluarga. Dan ketiga, beberapa alumni masih memiliki keinginan untuk melanjutkan studi.

Prof. Budu menyadari bahwa saat ini bangsa kita berada dalam era yang penuh ketidakpastian. Perubahan terjadi dengan cepat dan sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu, alumni FEB Unismuh diharapkan menjadi garda terdepan dalam menghadapi tantangan era ini.

Dr. Jamaluddin Majid, selaku Ketua IKA FEB, juga memberikan pesan kepada para alumni. Beliau mengingatkan bahwa memiliki kreativitas dan keahlian (skill) sangat penting dalam menghadapi era globalisasi saat ini.

Dr. Jamaluddin menekankan bahwa saat ini terdapat 8,3 juta penduduk Indonesia yang menganggur, di mana 5,26 persen di antaranya berasal dari Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, ia berharap para alumni memiliki kemampuan skill yang kuat.

Sementara itu Ketua Umum IKA Pusat Drs. H. Kamaruddin Moha, saat memberikan sambutan juga menekankan pentingnya peran alumni baru dalam memberikan manfaat bagi bangsa, negara, dan agama.

Beliau sebagai mantan Wakil Rektor III Unismuh mengajak para alumni untuk mempromosikan Unismuh di daerah masing-masing.

Kamaruddin Moha juga mengajak IKA Fakultas untuk mengadakan reuni alumni guna memperkuat ikatan antar alumni dan memantau perkembangan mereka. Selain itu, reuni tersebut juga dapat menjadi ajang untuk mengajak alumni melanjutkan studi ke tingkat S2 di Unismuh.

Leave a Reply