UNISMUH.AC.ID, MALAYSIA – Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra Sekolah Indonesia Kuala Lumpur pada Senin (19/06/23).

Dalam sambutannya, Rahmatia Thahir selaku Ketua Tim Pengabdian menyatakan bahwa kegiatan ini akan memberikan beberapa solusi kepada mitra dalam mengatasi masalah yang dihadapi. Solusi yang ditawarkan berupa workshop pengembangan asesmen diagnostik.

Wajdi, sebagai tim peneliti, menjelaskan bahwa hasil yang diharapkan dari pelaksanaan workshop ini adalah guru-guru di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dapat memahami pentingnya asesmen diagnostik dalam pemberdayaan siswa. Mereka juga diharapkan mampu mengenali manfaat asesmen diagnostik serta dapat menyusun dan memahami bentuk-bentuk asesmen diagnostik.

Workshop ini diikuti oleh 35 orang guru, terdiri dari guru kelas dan mata pelajaran SD, SMP, dan SMA.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan menjadi lebih menarik karena melibatkan kolaborasi pemateri dari Dosen FKIP UNISMUH, yaitu Dr Husniati Enre, seorang ahli dalam bidang Pendidikan. Selain itu, pembicara lainnya adalah Muhammad Wajdi M.Pd, yang juga seorang Fasilitator Sekolah Penggerak dan Asesor ban S/M. Mereka membawakan materi terkait pentingnya asesmen diagnostik.

Humas Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Deany, mengungkapkan bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat, relevan, dan kontekstual. Pembawaan materi juga sangat menarik, sehingga memudahkan para guru untuk memahaminya.

***

Leave a Reply