UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR. Dua proposal mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar dinyatakan lolos pada seleksi dari Kemendikridristek 2023 tentang Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang 2023.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh Makassar Ahmad Harakan, S.IP, M.IH kepada media Kamis 15Juni 2023 di Lt 5 Gedung Iqra Unismuh Makassar.

Dijelaskan, kedua proposal itu pertama, Kelas Politik Cerdas sebagai Solusi Patologi Pemilihan Umum bagi generasi Z di MA Ma’had Hadist Al-Junaidiyah Biru Bone dengan Ketua Tim, Yuliana mahasiswa angkatan 2019 Ilmu Pemerintahan.

Proposal kedua dengan judul, Narasi Impian: Mengibarkan Impian Anak Pelosok Melalui Dialog Karier dan Penembangan Karakter Siswa SMPN Bungoro Pangkep dengan ketua tim, Sri Wahyuni mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2022, katanya.

Pencapaian dua proposal mahasiswa itu mengharumkan nama kampus di tingkat nasional karena ikut berkompetisi pada skala nasional perguruan tinggi negeri dan swasta, katanya.

Terkhusus pada prodi Ilmu Pemerintahan juga memberi daya tawar dan prestasi yang sangat menggembirakan karena sekian banyak prodi yang ada sangat terbatas yang mampu menang dalam kompetisi itu.

Prodi Ilmu Pemerintahan saat ini mengusung visi, menjadi prodi yang unggul dan terpercaya dalam penguasaan keilmuan dan praktik dinamika tata kelola pemerintahan daerah dan dinamika politik lokal yang berbasis nilai Islam yang berkemajuan di Kawasan Asia Tenggara tabun 2030.

Prodi S1 Ilmu Pemerintahan ini termasuk salah satu program studi yang siap menerima mahasiswa baru. Setiap tahun ajaran baru prodi ini menjadi salah satu pilihan yang diminati calon mahasiswa baru.

Saat ini ada beberapa keunggulan dimiliki prodi Ilmu Pemerintahan termasuk pertama, telah meraih nilai Akreditasi A dari BAN-PT. Kedua, rentang waktu masa perkuliahan selama 3,6 tahun.

Selain itu keunggulan ketiga, telah disediakan bea siswa dengan berbagai skim yang ada termasuk diantaranya dari pemerintah; Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bidikmisi, KIP Kuliah, Bantuan UKT, dan Beasiswa Difabel.

Kampus Unismuh juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa dengan tiga jenis beasiswa yakni: BUMM (Beasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar); Basiswa kepada para hafiz Quran serta beasiswa bagi mahasiswa bibit unggul persyarikatan, katanya.

Keunggulan keempat adalah lulusan siap kerja. Jejak rekam kerja para alumni ada yang jadi konsultan politik bertugas merumuskan strategi serta menyusun komunikasi politik kandidat dalam kontestasi pemilu.

Para alumni juga ada yang berprofesi perumus kebijakan yang merumuskan kebijakan publik sebagai respon kebutuhan masyarakat. 

Leave a Reply