UNISMUH.AC.ID, AUSTRALIA – Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Menggelar kegiatan Halal Bi Halal, di Kompleks Muhammadiyah Australia College (MAC), Ahad, 14 Mei 2023.

Ketua PCIM Australia Hamim Jufri, sekaligus Ketua Chore Director di sekolah MAC sangat berharap agar Muhammadiyah dapat dikenal oleh Masyarakat.

“Saya berharap bahwa acara Halal Bi Halal ini dapat mengenalkan Muhammadiyah kepada masyarakat luas terutama pada staf dan guru di sekolah MAC,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Muhammadiyah sudah berdiri sejak tahun 1912 memiliki banyak aset di tanah air dari berbagai bidang kehidupan ummat.

“MAC meupakan sekolah Muhammadiyah pertama di luar negeri, yang kemudian diikuti oleh berdirinya Universitas di Malaysia dan Taman Kanak-kanak di Mesir,” ungkap Hamim.

Pendirian Lembaga Pendidikan tersebut juga menjadi gerakan internasionaliasi Muhammadiyah yang diharapkan terus berlanjut di Australia, dan merambah ke benua Amerika, dan Eropa.

Hamim Jufri juga mengatakan bahwa saat ini Muhammadiyah telah memiliki cabang di 29 negara, yang dimana Amal Usaha Muhammadiyah diharapkan tidak saja dalam bentuk sumbangan Muhamadiyah kepada negara tersebut, tetapi juga menjadi semacam tukar pengetahuan dengan lembaga-lembaga pendidikan, dan rumah sakit setempat.

“Ke depannya, insan Muhammadiyah di tanah air dan di MAC khususnya, diharapkan memiliki kerja sama dalam pengelolaan pendidikan, pertukaran murid, program magang guru, dan upaya lain yang semakin menguatkan lembanga Muhammadiyah di Indonesia,” ujarnya.

Program ini masih dalam proses pemikiran dalam hal prosedur, dan formatnya agar sesuai dengan standar Pendidikan di Australia.

Terakhir, dalam sambutannya Hamim menekankan bahwa aset-aset muhammadiyah diharapkan dapat menyebarkan dakwah Islam.

“Saya berharap aset muhammadiyah diharapkan dapat menyebarkan islam rahmatan lil aalamin, sebagaimana penerapan Muhamadiyah dalam bentuk amal, pemikiran intelektualitas yang moderat, yang tidak terlalu liberal dan tidak terlalu ekstrim. Intinya kegiatan ini dapat menyuarakan penekanan pada amal kebaikan sebagai tindakan sehari-hari,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Sekolah MAC Rosana Ramli, para guru dan staf sekolah MAC, juga perwakilan komunitas Ketua Indonesian Muslim Community of Victoria (IMCV), ketua Mesjid Westall, Masjid Baitul Makmur, dan Mesjid Surau Kita. Ketiga masjid tersebut merupakan bagian dari IMCV, dan Muhammadiyah juga menjadi bagian dari komunitas masyarakat di Melbourne.

Citizen Reporter
Oleh : Khilda Wildana Nur

Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar

Mahasiswa PhD – Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT)

Leave a Reply