UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi S1 Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh Makassar termasuk salah satu program studi yang menerima mahasiswa baru. Setiap tahun ajaran baru prodi ini menjadi salah satu pilihan yang diminati calon mahasiswa baru.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh Makassar Ahmad Harakan, S.IP, M.IH kepada media Selasa 9 Mei 2023 di Lt 5 Gedung Iqra Unismuh Makassar.

Dijelaskan, saat ini ada beberapa keunggulan yang dimiliki prodi Ilmu Pemerintahan termasuk pertama, telah meraih nilai Akreditasi A dari BAN-PT. Kedua, rentang waktu masa perkuliahan selama 3,6 tahun.

Selain itu keunggulan ketiga, telah disediakan bea siswa dengan berbagai skim yang ada termasuk diantaranya dari pemerintah; Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bidikmisi, KIP Kuliah, Bantuan UKT, dan Beasiswa Difabel.

Kampus Unismuh juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa dengan tiga jenis beasiswa yakni: BUMM (Beasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar); Basiswa kepada para hafiz Quran serta beasiswa bagi mahasiswa bibit unggul persyarikatan.

Keunggulan keempat adalah lulusan siap kerja. Jejak rekam kerja para alumni ada yang jadi konsultan politik bertugas merumuskan strategi serta menyusun komunikasi politik kandidat dalam kontestasi pemilu.

Para alumni juga ada yang berprofesi perumus kebijakan yang merumuskan kebijakan publik sebagai respon kebutuhan masyarakat.

Alumni juga jadi penata kelola pemilu berperan dalam perencanaan dan pelaksanaan tahapan pemilu. Menjadi peneliti pemilu yang menganalisis dan menyajikan data melalui aplikasi.

Alumni Ilmu pemerintahan juga menjadi penggerak swadaya masyarakat yang mengorganisir dan memberdayakan kelompok masyarakat.

Selain itu para alumni menjadi sociopreneur yang mampu menyelesaikan masalah sosial melalui strategi bisnis.

Keunggukan kelima, ada program pertukaran mahasiswa dengan kampus yang ada di dalam dan di luar negeri dan keunggulan keenam adalah adanya kelas internasional dengan mahasiswa menjalani perkuliahan menggunakan bahasa Inggeris dengan dosen ada juga dari perguruan tinggi tinggi dari luar negeri.

Prodi Ilmu Pemerintahan ini mengusung visi, menjadi prodi yang unggul dan terpercaya dalam penguasaan keilmuan dan praktik dinamika tata kelola pemerintahan daerah dan dinamika politik lokal yang berbasis nilai Islam yang berkemajuan di Kawasan Asia Tenggara tabun 2030.


Leave a Reply