UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) memberikan izin pembukaan Prodi Magister Pendidikan Matematika Unismuh Makassar.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri melalui Grup Whats App Unismuh Makassar, Jumat, 5 Mei 2023.

Andis, sapaan akrab Warek II Unismuh ini, membagikan salinan SK Kementeri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) Nomor 361/E/O/2023 yang ditandatanganiDirjen Jenderal Pendidikan inggi, Riset dan Teknologi Kemdikbudristek Prof Nizam di Jakarta, 2 Mei 2023. “Selamat atas pendirian Prodi S2 Pendidikan Matematika,” ujar Andis.

Ketua Tim Task Force Pembukaan S2 Pendidikan Matematika Unismuh Makassar Dr Sitti Fithriani Saleh mengungkapkan rasa syukurnya atas terbitnya SK pendirian Magister Pendidikan Matematika telah disetujui.

“Terimakasih kepada Pak Rektor, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor dia, dan Direktur Pascarasajana atas dampingan dan bimbingannya selama ini. Terimakasih juga kepada Pak Dekan FKIP dan Pimpinan Fakultas lainnya, serta Pimpinan Prodi Pendidikan Matematika dan tim atas kerjasama dan ide-idenya,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa proses pendirian S2 Pendidikan Matematika telah dimulai beberapa tahun lalu. “Namun dulu belum disetujui, karena kita masih kekurangan SDM. Sekarang Prodi Matematika Unismuh telah memiliki 1 Guru Besar dan 12 Doktor. Untuk pendirian S2, SDM yang kami ajukan yakni 1 Profesor, dan 7 Doktor,” ujarnya.

Pengusulan prodi S2 tersebut, lanjutnya, merupakan tindak lanjut atas pencapaian akreditasi Unggul Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Unismuh beberapa waktu lalu.

“Prodi ini diusulkan dengan mengusung visi menjadi program studi yang unggul dalam mengembangkan teknologi pembelajaran matematika berlandaskan nilai-nilai Islam,” tuturnya.

Sitti Fithriani Saleh juga mengungkapkan harapannya untuk prodi baru tersebut. “Semoga Prodi ini bisa memberi manfaat dan berkah bagi banyak pihak, dan juga semoga bisa menjadi jawaban dari pertanyaan alumni-alumni di daerah yang sudah banyak menanti terbukanya Prodi ini,” harapnya.

Sementara itu Direktur Program Pascarasajana Unismuh Makassar Prof Irwan Akib mengungkapkan kesyukuran atas pencapaian tersebut.

“Tentu ini juga Amanah bagi kita. Dengan terbukanya prodi S2 Pendidikan Matematika, bisa menjadi bagian penting dalam pengembangan pendidikan matematika kedepannya. Kita semua berharap bisa melahirkan inovasi-inovasi pembelajaran matematika,” jelasnya.

Adapun tim yang terlibat dalam mempersiapkan pembukaan prodi tersebut yaitu Sitti Fithriani Saleh (Ketua), Ma’rup MPd (Sekretaris), Sahabuddin Nanda MM (Bendahara).

Tim kerja terdiri dari Dr Baharullah, Dr Mukhlis, Dr Andi Husniati, Dr Sukmawati, Dr Nasrun Syahrir, Dr Haerul Syam, Dr Andi Mulawakkang Firdaus, Dr Sirajuddin, Dr Muhammad Muzaeni dan Abdul Gaffar MPd.

Leave a Reply