UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melakukan pemantauann gerhana matahari hybrid, Kamis, 20 April 2023.

Pemantauan gerhana matahari hybrid ini dilakukan dari Observatorium Unismuh Makassar di lantai 18 Gedung Iqra Kampus Unismuh.

Wakil Rektor II Unismuh Makassar Prof Andi Sukri Syamsuri, mengatakan bahwa observatorium yang dimiliki ini sangat membantu dalam melihat perkembangan gerhana matahari hybrid yang terjadi.

“Ini sangat menunjang kita untuk memantau dan mengikuti perkembangan Gerhana Matahari sekalipun di Sulsel hanya terjadi sekitar 75 persen, ini bisa dipantau dari observatorium yang telah dimiliki Unismuh Makassar,” ucapnya.

Peta yang dilihat kemarin bahwa Unismuh Makassar adalah satu-satunya Perguruan Tinggi di Sulsel yang melakukan pemantauan gerhana matahari dan ini ada di Observatorium Unismuh.

Sekadar diketahui sebut Prof Andi Sukri Syamsuri, bahwa Observatorium ini diperadakan selain dananya dari Universitas juga bantuan dari pemerintah provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Observatorium ini diambil atau dibeli dari luar negeri yakni dua DOM beserta alat-alatnya. Alat ini diperadakan dari Polandia dan kurang lebih dua bulan alat ini baru sampai,”ujar Prof Andis panggilan akrab Prof Andi Sukri Syamsuri.

Alhamdulillah alat ini sangat membantu dan berarti sekali dalam kaitan dengan pelaksanaan salat gerhana matahari di Balai Sidang Muktamar Unismuh, sebut Prof Andis.

Dengan pemantauan dari observatorium, Unismuh juga ikut melaksanakan salat gerhana matari. Ahmad Patappa dari Ma’hadd Al-birr Unismuh menjadi imam shalat gerhana, dilanjutkan dengan khutbah oleh Ustad Dr KH Abbas Baco Miro yang juga pimpinan wilayah Muhammadiyah Sulsel.

Dia juga mengatakan Observatorium ini akan dibuka untuk umum melihat benda-benda langit dan bisa menjadi laboratorium bagi program studi ilmu falaq dan juga yang terkait dengan ilmu geografi bagi anak-anak SMA yang ada di Sulsel.

Pimpinan yang hadir salat gerhana matahari yakni, Ketua BPH Prof Gagaring Pagalung, Wakil Rektor I, Dr Ir Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II, Prof Dr H Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir, Wakil Rektor IV, Dr KH Mawardi Pewangi, Direktur Pascasarjana Unismuh, Prof Irwan Akib.

Sementara untuk tingkat fakultas hadir para dekan wakil dekan, ketua dan sekretaris prodi, para kepala lembaga, badan, dosen serta karyawan se Unismuh Makassar, Ketua Dewan Pengawas RS PKU Muhammadiyah Unismuh, Dr Ir H Syaiful Saleh serta beberapa pimpinan amal usaha persyarikatan.

Leave a Reply