UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Halal Center Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) bekerjasama dengan Bank Indonesia Sulawesi Selatan (BI Sulsel) melakukan gerakan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) untuk membumikan produk halal di Makassar dan Indonesia pada umumnya.

Gerakan pelatihan Juleha merupakan program pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai produk halal dan bagaimana memproduksi produk halal yang baik dan benar.

Pelatihan ini difokuskan pada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ingin memproduksi produk halal di Makassar.

Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk dukungan terhadap industri halal di Makassar yang semakin berkembang. Halal Center Unismuh sebagai lembaga yang mengadvokasi halal dan bihalal, merasa perlu untuk memperkuat peranannya dalam memberikan pemahaman mengenai produk halal kepada masyarakat, terutama kepada pelaku usaha UMKM.

Ketua Panitia Pelatihan dan Pendampingan Produk Halal Unismuh, Dr Jamaluddin Majid, dalam laporannya menyebutkan masyarakat khususnya pelaku UMKM di Makassar sangat antusias mengikuti pelatihan Juru Sembeli Halal (Juleha).

Dikatakan pelatihan Juleha dilaksanakan dua hari, 13-14 April 2023, diikuti 125 peserta. Pesertanya adalah anggota RPH, RPA, pengurus masjid, anggota persyarikatan Muhammadiyah dan masyarakat umum.

Sementara itu, BI Sulsel sebagai salah satu lembaga keuangan di Sulawesi Selatan merasa perlu untuk mendukung pengembangan industri halal di wilayah ini.

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan, melalui gerakan pelatihan Juleha, BI Sulsel berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi para pelaku usaha UMKM di Makassar, terutama dalam memproduksi produk halal yang berkualitas.

Karena itu, Causa Iman Karana menyampaikan terimakasih kepada Unismuh dalam hal ini Halal Center Unismuh atas sinergitas yang telah dibangun dengan BI Sulsel dan berharap kerjasama ini kedepan terus terbangun dengan baik.

BI Sulsel terus mendukung pengembangan industri halal di Sulawesi Selatan, termasuk di kota Makassar. Dan melalui kerjasama dengan Halal Center Unismuh, BI Sulsel berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri halal di wilayah ini.

Gerakan pelatihan Juleha ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pelaku usaha UMKM di Makassar, terutama dalam meningkatkan kualitas produk halal yang dihasilkan.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya konsumsi produk halal.

Sementara itu Rektor Unismuh Makassar, Prof H Ambo Asse pada acara pembukaan, menyambut baik kerjasama antara Halal Center Unismuh dan BI Sulsel dalam melakukan gerakan pelatihan Juleha.

Menurut Prof Ambo Asse, kegiatan ini sangat penting untuk memperkuat peran Halal Center Unismuh dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai produk halal, serta memberikan dukungan bagi para pelaku usaha UMKM di Makassar.

Leave a Reply