UNISMUH.AC.ID, SAMARKAND, UZBEKISTAN – Eny Syatriana, seorang dosen dan peneliti di Universitas Muhammadiyah Makassar, telah melakukan pengambilan data untuk penelitiannya yang berjudul “Exploring the Experiential Learning Cycle Application in Depth: A Case Study of Universitas Muhammadiyah Makassar and Samarkand State Institute of Foreign Language”. Tim peneliti terdiri dari dua kampus, yaitu Universitas Muhammadiyah Makassar dan Samarkand State Institute of Foreign Language, Uzbekistan.

Tim peneliti dari Universitas Muhammadiyah Makassar terdiri dari Dr. Eny Syatriana M.Pd sebagai Ketua Tim, Ariana M.Pd, dan St Fathin. Sementara itu, tim dari Samarkand State Institute of Foreign Language terdiri dari Abdullayeva Lola Tohirovna, Ph.D., Suleymanova Nargiza Mardonovna, Ph.D., Parsayeva Malika, Muxtarova Shaxnoza, dan Tuyq’unnova Shohsanam.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali aplikasi siklus pembelajaran eksperimental secara mendalam di kedua kampus dan menemukan cara yang efektif untuk mengembangkan kemampuan membaca pemahaman dan strategi membaca metakognitif pada mahasiswa. Hasil penelitian akan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Kegiatan Guest Speaker dalam bentuk Seminar International yang bertema “Boost Your Literacy of Metacognitive Reading Strategies” telah diadakan pada hari Jumat, tanggal 7 April 2023, di hall English Faculty II, Samarkand State Institute.

Seminar ini bertujuan untuk membahas tentang strategi membaca metakognitif dan pentingnya strategi ini dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Strategi membaca metakognitif adalah sarana untuk membantu pembaca memantau dan mengevaluasi proses membaca mereka sendiri, sehingga dapat meningkatkan efektivitas strategi kognitif yang digunakan. Selain itu, strategi membaca metakognitif juga melatih kemampuan higher order thinking dalam skema pembelajaran reflektif.

Seminar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang strategi membaca metakognitif dan memberikan manfaat bagi para peserta dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman mereka.

Eny Syatriana mengungkapkan bahwa Rektor Samarkand Institute of Foreign Language sangat merespon kerja sama dengan Unismuh, yang telah tertuang dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU), Memorandum of Agreement (MoA), dan Implementation of Agreement (IA).

Penelitian kolaborasi ini akan melibatkan para dosen untuk saling berbagi metode pembelajaran yang sesuai antar negara. Selain itu, ada pula kegiatan visiting scholar diantaranya, sebagai guest speaker pada seminar international, sitting class, pengambilan data penelitian, dan publikasi jurnal. Kegiatan ini juga dilakukan untuk dosen dan mahasiswa untuk bisa saling bertukar pengalaman secara global.

Leave a Reply