UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Wakil Dekan IV Fisip Unismuh Makassar, M Amin SAg, MPdI, berhasil meraih gelar Doktor Pendidikan Agama Islam, predikat sangat memuaskan dengan nilai IPK 3.73 dan merupakan doktor ke-4 PPs-Unismuh Makassar.

Doktor M Amin, berhasil mempertahankan disertasi pada ujian promosi doktor yang digelar Program Pascasarjana Unismuh Makassar, Kamis 9 Februari 2023 di Kampus Unismuh Makassar.

Mahasiswa angkatan 2017 ini mempertahankan disertasi yang berjudul, Implementasi Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dalam Meningkatkan Pemahaman dan Pengamatan Ajaran Agama pada Mahasiswa Fisip Unismuh Makassar.

Selama penulisan disertasi didampingi Promotor Prof Dr Ambo Asse, MAg dan Kopromotor 1, Dr Darwis Muhdina, MAg dan Kopromotor II Dr Abd Rahim Razaq MPd.

Tampil sebagai dosen penguji internal Prof Dr H Irwan Akib, MPd, Prof Dr Bahaking Rama MS, Dr Dahlan Lamabawa, MAg serta dosen penguji eksternal, Dr Mustari Bosra MA.

Pada simpulan disertasinya dikatakan Pembelajaran AIK di FISIP Unismuh Makassar dilaksanakan dengan baik berdasarkan rencana pembelajaran semester yang disusun malalui workshop yang dilaksanakan LP3AIK Unismuh Makassar.

Dampak pembelajaran AIK pada mahasiswa FISIP cerdas pada aspek kognitif, sementara aspek afektif dan psikomotoriknya tidak nampak, katanya.

Faktor pendukung pembelajaran AIK Fisip seperti pesantren mahasiswa baru, pendampingan Gerakan jamaah dan dakwah jamaah.

Selain itu juga ada pengkaderan IMM, Baitul Arqam mahasiswa. faktor penghambat, seperti lingkungan keluarga, psikologi, tidak ada dosen homebase, metode pembelajaran dan sarana, prasarana, katanya.

Dia menyarankan agar LP3AIK melakukan pelatihan pembelajaran bagi dosen AIK untuk melakukan inovasi yang menyentuh tiga aspek yakni; kognitif, afektif, psikomotorik mahasiswa.

Sosok M.Amin lahir di Tanetea 15 Mei 1974. Menyelesaikan S1 Prodi Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin IAIN Alauddin Ujung Pandang 1998.

Magister Manajemen Pendidikan Islam Pada prodi S2 Pendidikan Agama Islam PPs-Unismuh Makassar 2014.

Suami dari Andi Rahmatiah SPd MPd dan ayah dari Andi Nur Aribah Inayah Amin, Andi Nur Alfiah Insani Amin, Andi Nur Faiza Azzahra Amin.

Pengalaman organisasi, Ketua Bidang Kader IMM Komisariat Ushuluddin IAIN Alauddin Makassar 1993-1995.
Sekretaris Bidang Organisasi dan Kader DPD IMM Sulsel 1999-2001.Plt.Ketua Bidang Hikmah DPD IMM Sulsel 1999-2001.

Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Pallangga Gowa 2016-2020.Anggota Majelis Pelayanan Sosial PW Muhammadiyah Sulsel 2016-2020.

Leave a Reply