UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa merupakan salah satu dari 11 UKM yang ada di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

UKM tersebut mulai disahkan oleh Universitas menjadi UKM Bahasa sejak 2014 lalu.

Ketua Umum UKM Bahasa Unismuh Makassar Periode 2021-2022 Umrah mengungkapkan bahwa pendaftaran mulai dibuka sejak 1 Desember 2022 sampai 31 Januari 2023 di Gedung Iqra lantai 1, Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin.

“Syarat utama untuk menjadi anggota UKM Bahasa yaitu mahasiswa aktif Unismuh dan juga merupakan mahasiswa semester satu dan tiga,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa proses rektumen dibagi menjai dua yaitu satu hari indoor dan lima hari outdoor dengan pemberian materi keorganisasian, sejarah, dan pengenalan UKM Bahasa.

Ketua UKM tersebut juga mengungkapkan manfaat mengikuti UKM Bahasa yaitu bisa mengasah kemampuan berbahasa yang dimiliki.

“Di UKM Bahasa kita bisa belajar bahasa dari berbagai negara seperti bahasa Jepang, Korea, Arab, Inggris dan bahasa daerah seperti bahasa Makassar dan Bugis,” ungkapnya.

Umrah mengungkapkan bahwa UKM Bahasa terbagi menjadi dua bagian yaitu departemen dan divisi.

“Departemen dan divisi dibagi lagi menjadi departemen Humas, Inventaris dan Kaderisasi sedangkan divisi ada enam yaitu divisi bahasa Jepang, Korea, Arab, Inggris, Bahasa Daerah, dan Debat Inggris,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan beberapa kegiatan tahunan yang dilaksanakan UKM Bahasa diantaranya cultural fest dan languange camp.

“Selain kegiatan tahunan, kami juga melaksanakan program kerja setiap divisi seperti skill building, study bunding, skill training program,” tuturnya.

Umrah menjelaskan tujuan UKM Bahasa yaitu untuk menjadi wadah pengembangan dan pusat pembelajaran bahasa serta budaya di Unismuh Makassar.

Ia juga mengungkapkan beberapa prestasi yang telah dicapai UKM Bahasa di tingkat Regional, Nasional bahkan Internasional

“Tingkat regional, kami pernah menjadi juara 1 Lomba Wikithon yang diadakan oleh Basa Sulsel. Lalu, ditingkat nasional UKM Bahasa pernah menjadi pembicara terbaik dalam KDMI PREP 2022. Kemudian ditingkat Internasional, UKM Bahasa pernah menjadi delegasi student Exchange sakura science program Kanazawa institute of technology di jepang dan ,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan suka dukanya selama mengikuti UKM Bahasa.

“Saya sangat senang karena bisa mendapatkan wadah untuk mengembangkan kemampuan bahasa asing yang saya miliki serta memiliki kesempatan untuk berprestasi baik ditingkat nasional dan internasional,” tuturnya.

Leave a Reply