UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Akhir tahun 2022, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali mencatat prestasi dalam bidang penelitian. Jurnal yang dibina Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh memeroleh akreditasi dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tenologi (Kemdikbud-Ristek).

Pengumuman tersebut tertuang dalam surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemndikbud-Ristek nomor 1429/E5.3/HM.01.01/2022, yang ditandatangani Direktur M Faiz Syuaib.

Ketua LP3M Unismuh Makassar Dr Abubakar Idhan MP menyampaikan kesyukurannya atas pencapaian tersebut.

“Alhamdulillah dosen Unismuh punya komitmen untuk berkemajuan dari segi luaran riset melalui perbaikan peringkat jurnal,” ucap Abubakar.

Terdapat beberapa jurnal yang berada tetap diperingkatnya juga yang meraih kenaikan akreditasi.

Jurnal Etika Demokrasi (JED) merupakan jurnal yang diterbitkan Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini naik peringkat dari peringkat 4 ke peringkat 3 mulai Volume 6 Nomor 1Tahun 2021 sampai Volume 10 Nomor 2 Tahun 2025.

Jurnal of Contemporary Governance and Public Policy, diterbitkan oleh pusat Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora Kontemporer. Jurnal ini terakreditasi baru peringkat 2 mulai Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020 sampai Volume 5 Nomor 2 Tahun 2024.

Jurnal Otoritas yang dikelola Prodi Ilmu Pemerintahan meraih akreditasi di perigkat 2. Akreditasi ini mulai Volume 11 Nomor 1 Tahun 2021 sampai Volume 15 Nomor 2 Tahun 2025.

Jurnal Amnesty merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Perpajakan Unismuh Makassar. Jurnal ini Reakreditasi tetap di peringkat 5 mulai volume 4 Nomor 1 Tahun 2021 sampai volume 8 Nomor 2 Tahun 2025.

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam mengelola jurnal itu bukan hal mudah. “Mengelola jurnal bukan hal yg mudah krn membutuhkan ketekunan, ketelatenan dan kesabaran, Peringkat jurnal suatu Perguruan Tinggi mencerminkan dinamisnya aktivitas Riset,” tambahnya.

Sudah ada 16 jurnal di Unismuh yang terakreditasi saat ini yakni, dua jurnal sinta 2, ada tiga jurnal sinta 3, ada delapan jurnal sinta 4, dan juga tiga jurnal sinta 5.

Sementara itu, Sekretaris LP3M Arief Muhsin MPd mengatakan harapannya kedepan mengenai jurnal Unismuh Makassar.

“Kita berharap seluruh jurnal Unismuh bisa terakreditasi dengan bekerjasama dengan seluruh pengelola, meningkatkan profesionalisme pengelolaan jurnal dan tanggungjawab,” pungkas Arief.

LP3M Unismuh menargetkan untuk memiliki jurnal yang terindeks Scoups di tahun yang akan datang.

Leave a Reply