UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Pemaparan Program Kerjasama Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan tersebut dihelat di Grand Makassar Hotel,  Jl  Emmy Saelan Makassar, Senin, 12 Desember 2022.

Dalam kegiatan ini, Ketua LP2AI Unismuh Makassar Dr Nasrun memaparkan bahwa kegiatan ini akan melaksanakan penanda kerjasama implementasi beberapa program MBKM yang telah berjalan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah (PTMA) terbesar di Kawasan Timur Indonesia. Hal ini Sebagai tindak lanjut Momerandum of Understanding (MoU) Unismuh Makassar dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kegiatan ini dihadiri kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel yang diwakili oleh Kabid GTK Dr Muhlis, menyampaikan pada sambutannya bahwa sangat mendukung kegiatan ini. “Saya sangat mendukung kegiatan ini sebagai wujud pengembangan mitra dalam pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan di Indonesia,” ujar Muhlis.

Ada pulaKegiatan yang telah berjalan yakni, pertukaran mahasiswa merdeka, kampus mengajar, asistensi mengajar, magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, serta wirausaha merdeka.

Selain itu, Unismuh Makassar Prof Ambo Asse menyampaikan beberapa pesan dalam kegiatan tersebut. Pertama, mengembangan mitra tidak hanya pada bidang pendidikan saja tapi juga catur darma perguruan tinggi.

Kedua, Dosen dan Mahasiswa dapat beraktivitas diluar kampus berdasarkan mitra yang sudah menandatangani MoA dengan unismuh makassar.

Terakhir, Pimpinan prodi harus menyambut baik kegiatan ini agar implementasi mbkm kedepan tidak lagi mencari mitra atau dudi tapi langsung memanfaatkan mitra dan dudi yang sudah ada.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan Implementasi Kerjasama (IA) pengembangan MBKM antara beberapa prodi yang ada di Unismuh dengan Mitra dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Ada 22 Prodi yang melakukan penandatanganan IA Unismuh Makassar dengan mitra dan ada 18 mitra yang berkolaborasi dengan program studi diwilayah sulawesi, baik pada lembaga pendidikan formal maupun non formal.

Leave a Reply