UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) menjadi salah satu program studi yang terakreditasi Unggul di Unismuh dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Perolehan akreditasi Unggul dari LAMDIK tersebut, meneguhkan akreditasi Unggul yang sebelumnya telah diraih PAI Unismuh dari BAN-PT melalui Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

Ketua Prodi PAI Unismuh Makassar Nurhidaya Mukhtar Mengungkapkan, capaian tersebut diraih dengan do’a serta usaha kerja keras dari Tim Task Force yang telah diamanahkan oleh Pimpinan.

Untuk saat ini prodi PAI memiliki jumlah Mahasiswa sebanyak 574 orang,dan dosen sebanyak 24 dimana 15 dosen bergelar Doktor.

“Salah satu keunggulan prodi PAI dari segi sumber daya dosen yang memiliki kualifikasi pendidikan doktor dan magister, baik dalam negeri maupun di dalam negeri,” ungkap Nurhidayah, Rabu 07 Desember 2022.

Selain itu, kata Nurhidaya, sejauh ini pula Prodi PAI juga aktif bekerja sama dan berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dalam melakukan pembinaan mahasiswa yang melibatkan Dosen sebagai pendamping.

Wujud Kerjasama Prodi PAI dan HMJ, lanjutnya, dalam kegiatan pembinaan mahasiswa dalam bidang keagamaan, karya tulis ilmiah, penalaran, kewirausahaan, dan pengabdian masyarakat. Jumlah mahasiswa yang dibina PAI Unismuh saat ini sebanyak 574 orang.

Nurhidaya menjelaskan, prestasi-prestasi mahasiswa di Prodi PAI tercatat di bidang akademik maupun non akademik, yakni dalam bidang keagamaan, wirausaha, karya tulis ilmiah, seni dan olahraga.

“Mahasiswa dan dosen aktif dalam melakukan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Kemendikbud maupun yang dilaksanakan secara mandiri oleh Unismuh,” tambahnya.

Tak hanya itu, ia mengatakan bahwa selain memiliki SDM pihaknya juga memiliki sarana dan prasarana serta perangkat yang memadai.

“Saat ini Prodi PAI berkonsentrasi dalam pengembangan program studi baik itu pengembangan kompetensi dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan dan juga berencana untuk membuka kelas internasional,” tuturnya.

Saat ini PAI Unismuh telah memiliki 15 dari 24 dosen PAI Unismuh telah berkualifikasi S3, baik dari dalam maupun luar negeri.

Nurhidaya optimis, PAI Unismuh dapat terus berkembang secara kualitas dan kuantitas. “Semoga kami mampu meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan. Hal ini sesuai dengan salah satu misi kami yakni turut serta dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu pembelajaran PAI,” harapnya.

Leave a Reply