UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Ketua Prodi (Kaprodi) Ilmu Pemerintahan (IP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Ahmad Harakan MHI memulai karirnya dengan banyak lika-liku.

Kisah tersebut diungkapnya, saat diwawancarai di Gedung Iqra Lantai 5 Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Senin, 5 Desember 2022

“Salah satu motivasi saya dalam menulis yaitu mengolah bacaan saya serta merespon isu-isu yang sedang trending,” ungkapnya.

Ahmad Harakan juga menjelaskan bahwa ia dapat menulis seribu kata perhari di waktu-waktu senggang.

“Di waktu luang saya, saya bisa menulis sampai seribu kata perhari. Misalnya di bulan Ramadhan atau saat libur semester,” jelasnya.

Ia juga dikenal sebagai penulis karya ilmiah berbasis politik internasional. Salah satu karyanya yaitu jurnal yang berjudul ‘Eksklusivitas Adat Dalam Bingkai Demokrasi di Indonesia’.

Pemimpin Redaksi Journal of Contemporary Governance and Public Policy tersebut juga mengungkapkan bahwa ia mulai mempublikasikan tulisannya sejak menjadi menjadi dosen.

“Saya akan merasa senang jika saya menyalurkan pengetahuan yang saya miliki melalui tulisan,” paparnya.

Ia juga mengungkapkan, dengan memperluas pergaulan dan mengamati kondisi sekitar, dapat meningkatkan motivasi yang untuk menulis sebuah karya.

Belajar menulis ini ia lakukan secara otodidak dan belajar bersama serta aktif di pengelolaan jurnal.

Lebih lanjut ia mengatakan tips agar tetap produktif dalam menulis jurnal adalah banyak membaca, berkolaborasi, serta mempelajari struktur artikel untuk publikasi.

“Selain itu, saya sebagai seorang dosen tentunya harus melakukan kerja-kerja catur dharma perguruan tinggi, mulai dari pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan internalisasi nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyaan,” ungkapnya.

Ahmad Harakan menyelesaikan Program Sarjana tahun 2009 dan Magister tahun 2013 di Prodi Hubungan Internaisonal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Ia mulai menjadi Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan di Unismuh Makassar pada tahun 2015 dan di tahun yang sama menjadi Editor in Chief Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintah.

Pada tahun 2018 sampai 2020, ia menerima amanah sebagai sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan.  Tahun 2022 sampai sekarang, ia ditugaskan menjadi Kaprodi.

Harakan juga pernah menulis sebuah buku pada tahun 2020 dengan judul Paradiplomasi Investasi.

Jurnal-jurnal internasional yang pernah ia tulis, salah satunya yaitu Social Protection System to Reduce Poverty In a Natural Resource rich Country: Towards the Success of the Sustainable Development Goals pada tahun 2019.

Baru-baru ini ia menulis artikel jurnal berjudul “Opportunities and Challenges for Local Governments to Facilitate the Implementation of Investment Paradiplomacy” yang dirilis tahun 2022.

(Rls / Nur Apni)

Leave a Reply