UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengenalkan produk Mabbara Briket dalam program kegiatan EXPO Wirausaha Merdeka (WMK) yang dilaksanakan Unismuh Makassar.

Program kegiatan ini mengangkat tema “Mengembangkan Kompetensi Wirausaha Merdeka Berbasis Syariah Melalui WMK Menuju Indonesia Emas”. Kegiatan ini dihelat di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lima mahasiswa dalam tim 92 Mabbara Briket, terdiri dari empat orang mahasiswa Unismuh Makassar yang berasal dari Prodi Ekonomi Islam yakni Rabiatul Adawiyah, Nurul Izzah, Nurul Istiana, dan Septiani Arista.

Tim ini dibimbing Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Agus Salim. Dosen Unismuh Makassar ini, berharap semoga mahasiswa terus meningkatkan kompetensi untuk melanjutkan usaha tersebut.

“Ini semua adalah proses awal, kalian mahasiswa hebat yang saya dampingi Insya Allah akan memperoleh tiga hal, ilmu, pengalaman, dan mitra-mitra bisnis,” lanjutnya.

Salah seorang mahasiswa program WMK Rabiatul Adawiyah, membeberkan alasannya memilih Mabbara Briket dalam program WMK.

“Kami ingin menjalankan bisnis yang awet dalam expire nya. Dan juga melihat permasalahan limbah di daerah Sulawesi yang juga perlu untuk dilirik sehingga inovasi Briket Arang dari limbah Tempurung kelapa dirasa pas untuk diperkenalkan,” pungkasnya.

Ia juga merasa dalam program WMK ini sudah sudah terlalu banyak tim yang bergerak di bidang kuliner juga fashion.
Sehingga memutuskan untuk memilih briket yang berpeluang menjadi usaha hingga kancah Internasional.

Rabiatul juga mengatakan harapannya terhadap program expo ini. “Harapan untuk saya pribadi dan juga tim saya untuk bagaimana ilmu yang kami dapatkan bisa bermanfaat bukan hanya kami, tapi untuk bagaimana bisa bermanfaat untuk banyak orang, membuka lapangan pekerjaan, membantu perekonomian dan lain sebagainya,” tuturnya.

Tim Mabbara Briket ini merupakan salah satu dari 200 kelompok usaha telah dibina melalui bimtek dan pendampingan WMK Unismuh Makassar sejak 30 Agustus 2022.

1006 mahasiswa yang mengikuti Program WMK Unismuh merupakan utusan 32 kampus PTS dan PTS dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan expo ini juga dimeriahkan dengan acara hiburan yang diisi oleh Indah Sari, kontestan Liga Dangdut Indonesia 2 Indosiar. Indah juga merupakan mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unismuh Angkatan 2019.

(Vika Amalia Fathihany)

Leave a Reply