UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan Universitas Negeri Makassar (UNM) mengenalkan produk teknologi Delivery Hidroponic dalam program kegiatan EXPO Wirausaha Merdeka (WMK) yang dilaksanakan Unismuh Makassar.

Program kegiatan ini mengangkat tema “Mengembangkan Kompetensi Wirausaha Merdeka Berbasis Syariah Melalui WMK Menuju Indonesia Emas”. Kegiatan ini dihelat di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lima mahasiswa dalam tim 26A Delivery Hidroponik, terdiri dari empat orang mahasiswa Unismuh Makassar dan satu orang mahasiswa UNM. Mahasiswa Unismuh yang berasal dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah yakni Musdalifah, Reski Adi, Nur Islamiyah, dan Nurhikmah B. Mahasiswa dari UNM yakni Muhammad Zulkifli dari Prodi Pendidikan Matematika.

Tim ini dibimbing Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Hurriah Ali Hasan. Dosen Prodi HES Unismuh Makassar berharap apa yang telah dirintis kelima mahasiswa tersebut dapat berlanjut menjadi satu bisnis yang mapan.

Sementara itu, mahasiswa UNM Zulkifli mengapresiasi pembinaan WMK yang telah dilakukan Unismuh Makassar. “Melalui program Wirausaha Merdeka di Unismuh Makassar, kami dapat menuangkan ide wirausaha kami, khususnya dalam menopang kesehatan masyarakat dan ketahanan pangan di Indonesia,” ungkapnya.

Zulkifli juga membeberkan alasannya memilih Hidroponik dalam program WMK. “Kami memilih Hidroponik, karena telah terbukti mampu menghasilkan sayuran dengan kandungan gizi yang lebih tinggi, dengan presentase 150% lebih bergizi,” pungkasnya.

Sementara itu, Mahasiswa Unismuh Musdalifah, menjelaskan aplikasi dari Delivery Hidroponik. “Delivery Hidroponik menawarkan jasa pemesanan, pengemasan dan juga distribusi produk bahan pangan sayur. Kami bermitra dengan petani, wirausaha, dan UMKM di bidang pertanian sistem agrikultur Hidroponik,” jelasnya.

Proses penggunaannya, kata Musdalifah, konsumen akan memesan melalui aplikasi Delivery Hidroponic, kemudian data pesanan tersebut dikelola hingga produk sampai ketangan konsumen.

“Namun kami terbatas dalam dana, maka itu kami sangat bersyukur atas kegiatan WMK ini karena membantu membangun ide kami dengan biaya dari pemerintah,” ucap mahasiswa HES Unismuh ini

Tim Delivery Hidroponik ini merupakan salah satu dari 200 kelompok usaha telah dibina melalui bimtek dan pendampingan WMK Unismuh Makassar sejak 30 Agustus 2022.

1006 mahasiswa yang mengikuti Program WMK Unismuh merupakan utusan 32 kampus PTS dan PTS dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan expo ini juga dimeriahkan dengan acara hiburan yang diisi oleh Indah Sari, kontestan Liga Dangdut Indonesia 2 Indosiar. Indah juga merupakan mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unismuh Angkatan 2019.

(Vika Amalia Fathihany)

Leave a Reply