UNISMUH.AC.ID, PANGKEP – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) di Desa Panaikang Kecamatan Minasatene Pangkep.

Pada saat KKP mereka menggelar seminar program kerja dan dibuka langsung oleh Kepala Desa (Kades) Muh Arif SE, di Aula Kantor Desa Panaikang, Kamis, 17 November 2022.

Turut hadir Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Panaikang, Serka Amirullah dan Bhyangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkabtibmas) Desa Panaikang, Aipda Muhammadin Mcd.

Selain itu juga hadir Kepala Dusun Leang Lonrong, Ketua BPD, Ketua RK/RT Desa Panaikang, Koordinator Kecamatan KKP 2022 Kecamatan Minasatene, Fadly serta masyarakat Desa Panaikang.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT serta merasa bahagia karena kembali kedatangan mahasiswa KKP Unismuh di tengah masyarakat Desa Panaikang,” ungkap Arif.

Ia juga berharap para kepala dusun, Kepala RK/RT serta masyarakat agar turut andil serta berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan program kerja mahasiswa KKP.

“Semoga program kerja yang sudah disepakati, nantinya dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” tegasnya.

Aipda mengungkapkan bahwa apapun kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa KKP di Desa Panaikang bisa berjalan lancar.

“Untuk keamanannya saya dan kepala desa yang akan langsung turun tangan,” terangnya.

Koordinator Desa (Kordes), Ekardin Maharudin mengungkapkan bahwa ia sangat berterima kasih atas sambutan hangat dari Kepala Desa Panaikang dan Masyarakat Desa Panaikang.

“Saya mengharapkan kerja sama dari semuanya, saya juga meminta maaf jika banyak kekurangan kedepannya selama kami berada di lokasi,” paparnya.

Ia juga menjelaskan beberapa program kerja akan yang direalisasikan yaitu mengadakan seminar dengan tema “Demokratisasi pembangunan Desa” dan Seminar Anti Korupsi untuk anak Sekolah Dasar.

“Adapun mahasiswa yang akan ditempatkan di Desa Panaikang yaitu Ekardin Maharudin sebagai kordes, Zulkarnaim sebagai sekretaris, serta Vira Yuniar Rusman sebagai bendahara, Hilyatul Jannah dan Muhammad Ramadhan dari jurusan ilmu administrasi negara. Serta satu anggota dari jurusan ilmu pemerintahan yaitu Sulastri,” terangnya.

Ia juga menambahkan Pembimbing Lapangan KKP 2022 Fisip Unismuh di Kecamatan Minasatene Pangkep yaitu Dr Muhammad Yahya, Ketua Panitia, Syukri MSi, Koordinator Kecamatan Minasatene, Fadly, dan Kepala Wilayah Kecamatan Minasatene Pangkep, Dra Hudriah S Bani.

KKP 2022 Fisip Unismuh Makassar berjumlah 370 orang disebar di 7 Kecamatan yang ada di Pangkep. Ada juga KKP kerjasama Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Filipina, Thailand, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Dinas Lingkungan Hidup, dan Yasmid.

(Rls / Nur Apni)

Leave a Reply