UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar terus mengembangkan jejaring dan memperkuat SDM dosen. Implementasinya dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Sosialisasi Percepatan Guru Besar.

Kegiatan tersebut digelar di Ruang Rapat Senat, Gedung Iqra Lantai 17, Kampus Unismuh Makassar, Selasa 1 November 2022.

Penandatanganan MoU dilakukan Unismuh dengan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Siliwangi. Sementara sosialisasi percepatan Guru Besar menghadirkan Koordinator Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat SDM Dikti Iwan Winardi MPd dan Rektor IKIP Siliwangi Prof Dr Euis Eti Rohaeti MPd.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse mengapresiasi kehadiran Rektor IKIP Siliwangi dan kesiapannya berkolaborasi menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Tentu melalui kerjasama ini kita dapat mengembangkan universitas. Kalau di Unismuh, bukan hanya Tri Dharma, melainkan Catur Dharma, ada tambahan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Bagaimana mengembangkan Ajaran Agama Islam dengan baik dan benar, “ tandasnya.

Nakhoda Unismuh ini juga mengaku senang dengan kehadiran Iwan Winardi dari Kemdikbudristek dalam mendampingi para dosen Unismuh mencapai jabatan fungsional guru besar.

“Mengurus jabatan fungsional hingga Guru Besar itu mudah, asal dipenuhi persyaratannya,” ungkap Prof Ambo.

Oleh karena itu, lanjutnya, sosialisasi persyaratan menjadi Guru Besar penting dipahami oleh para dosen, khususnya yang telah berpangkat Lektor Kepala.

Sementara itu, Rektor IKIP Siliwangi Prof Euis Eti Rohaeti mengaku senang melakukan kerja sama dengan Unismuh Makassar.

Selain itu, ia turut memotivasi dosen Unismuh untuk meraih jabatan fungsional Profesor. “Berdasarkan pengalaman saya, kita harus optimis. Belum lama ini, saya mendapatkan gelar Guru Besar, saya dapatkan pada bulan April 2020. Tidak ada yang tidak mungkin, pasti ada jalan,” ungkapnya.

Sebelumnya, para tamu yang hadir, diajak melihat keindahan Kota Makassar dari Lantai 18, puncak Menara Iqra Unismuh Makassar.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri, dan Wakil Rektor IV KH Mawardi Pewangi. Hadir pula beberapa Dekan, Ketua Lembaga tingkat universitas, dan dosen yang telah berpangkat Lektor Kepala.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply