UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Sebanyak enam mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti kegiatan Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Kantor Bagian Humas Unismuh Makassar.

Mahasiswa tersebut diantar langsung oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unismuh Syukri MSi didampingi salah seorang dosen Dr Muhammad Yahya. Kehadiran mereka diterima langsung oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Unismuh Hadisaputra, Senin, 31 Oktober 2022, di Ruang Humas, Gedung Iqra Lantai 16, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin.

Kabag Humas Unismuh didampingi dua staf, Nasrullah dan Bukhairul Iman. Turut hadir staf Humas Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulsel Zulfikar Hafid.

Enam mahasiwa yang magang di Humas Unismuh, yakni Nur Apni, Vika Amalia Fathihany, Nur Wahyu Ilsyar, Meydine Humairah, Ikhwan Aulia, dan Mukrimah Anas.Mereka merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Unismuh semester 5.

Dalam pengantarnya, Kaprodi Ilmu Komunikasi Unismuh Syukri menyampaikan bahwa para mahasiswa akan mengikuti magang selama tiga bulan. Penarikan batu akan dilakukan pada pertengahan Januari.

Kegiatan magang ini, lanjut Syukri, merupakan salah satu bentuk implementasi Kurikulum MBKM. “Kegiatan magang ini akan dikonversi setara dengan 20 sks,” ungkapnya.

Selain di Humas Unismuh, katanya, Magang MBKM mahasiswa Komunikasi Unismuh juga dilakukan di sejumlah perusahaan media dan instansi pemerintahan.

Kabag Humas Unismuh Hadisaputra menyambut baik pelaksanaan Magang MBKM ini. Menurutnya, selama melaksanakan magang di Humas Unismuh, mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan jurnalistik yang telah didapatkan di bangku kuliah.

“Di sini, kalian dapat belajar meliput langsung acara-acara kampus, baik yang digelar secara daring maupun luring. Selain itu, teman-teman bisa mencari informasi menarik seputar kampus, seperti prestasi dosen dan mahasiswa, atau hal-hal unik yang penting diketahui publik,” ungkap Hadi.

Kabag Humas Unismuh ini melanjutkan, mahasiswa magang juga dapat terlibat mengelola media sosial kampus. “Teman-teman bisa belajar bikin konten, baik yang naratif, grafis, maupun video,” ujarnya.

Selain magang di Humas Unismuh, keenam mahasiswa tersebut juga bakal terlibat dalam mendukung aktivitas publikasi PW Muhammadiyah Sulsel, melalui portal berita Khittah.co.

Acara penerimaan mahasiswa magang tersebut, diakhir dengan foto bersama.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply