UNISMUH.AC.ID, MAKASSA – Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Drs KH Mawardi Pewangi MPdI menerima kunjungan Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar pada Kamis, 27 September 2022 di Mini Hall FEB, Gedung Menara Iqra Unismuh.

Hadir pula siswa siswi dan Wakil Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar, Nur Ahmad SPd.

Mawardi Pewangi membuka pembicaraan dengan mengapresiasi beberapa budaya Jepang yang sangat kental.

“Budaya Jepang sangat kental yang saya pelajari adalah bagaimana orang di sana memghargai yang lebih tua, bagaimana tata krama dan cara menghargai waktu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa kunjungan yang diterimanya hari ini dimaksudkan untuk pembinaan bahasa Jepang di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar.

“Ini juga tentunya dapat menjalin kerjasama dalam bentuk beasiswa menempuh pendidikan ke Jepang,” jelas Mawardi Pewangi yang juga Koordinator Lab School yang berada dalam naungan Unismuh Makassar.

Senada, Yasue Katsunobu selaku Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar turut menyampaikan keinginannya untuk membangun kerjasama antara SMA Muhammadiyah 1 dengan Pemerintah Jepang.

“Harapannya adalah terus menjalin persahabatan antara SMA 1 Unismuh Makassar dengan Pemerintah Jepang, belajar budaya jepang dan terus menjalin kerjasama di bidang pendidikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar, Nur Ahmad SPd, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Konsuler Jepang atas kunjungan yang dilakukan.

“Kami berharap kerjasama, semoga siswa siswi kami dapat berkunjung ke Jepang melalui lembaga ini,” harapnya.

Pihaknya mengaku sangat senang dan bangga atas edukasi kepada para siswa terkait kultur serta informasi kerjasama Jepang-Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengenalan Nihongo Kurabu (Klub Bahasa Jepang) Kagayaku yang oleh Ketua Klub, Mardanti, didampingi Irma Sensei.

Yasue Katsunobu diajak pula untuk melihat lihat keindahan Kota Makassar di Lantai 18 Gedung Menara Iqra Unismuh Makassar.

(Humas Unimsuh)

Leave a Reply