UNISMUH.AC.ID, MADINAH, ARAB SAUDI – Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah menghasilkan ribuan alumni yang memiliki pemahaman keagamaan dan kemampuan berbahasa Arab yang sangat baik.

Indikatornya, beberapa orang alumninya dapat melanjutkan kuliah di Timur Tengah, salah satunya di Universitas Islam Madinah (UIM) Arab Saudi.

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse dengan beberapa alumni Ma’had Al-Birr yang saat ini melanjutkan kuliah di UIM. Pertemuan digelar di Hotel Dallah Taibah, Madinah, Sabtu 14 Oktober 2022.

Diketahui, sejak beberapa hari lalu, Prof Ambo Asse Bersama keluarga bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umrah. Kesempatan itu dimanfaatkannya untuk bersilaturahmi dengan alumni Unismuh yang ada di Madinah, serta beberapa pengurus Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) yang ada di sana.

Beberapa mahasiswa yang pernah belajar di Ma’had AL Birr, sekaligus pengurus PCIM Arab Saudi, yakni antara lain M Thariq Muttaqin (Asal Palopo), Hanif Abdullah (Gowa), Ashar Setiawan (Gowa), Masykur Al Abdi Madjidi SR (Makassar), dan Erwin Febriadi Hamzah.

Kelima orang tersebut pernah belajar di Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. Namun dari keempat mahasiswa tersebut, hanya Erwin Febriadi yang sempat menyelesaikan studi hingga jenjang sarjana, di Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh. Sebelum ke Madinah, Erwin juga mengenyam perkuliahan di Sudan, dengan beasiswa dari Kementerian Agama.

Sementara keempat temannya, setelah mendapatkan bekal Bahasa Arab yang cukup baik dari Ma’had Al Birr Unismuh, langsung mendaftar ke UIM, dan dinyatakan diterima.

Turut hadir pula Ketua PCIM Arab Saudi Periode 2022-2024 Muhammad Hamka, serta Muhammad Zakiy Askarulloh, pengurus Majelis Pustaka dan Informasi PCIM Arab Saudi.

Perkembangan PCIM Arab Saudi

Dalam pertemuan tersebut terungkap kemajuan PCIM Arab Saudi. Awalnya hanya beranggotakan 5 orang pada 2017, saat ini sudah berjumlah 90 orang, yang tersebar di berbagai wilayah di Arab Saudi.

Bulan Oktober ini, PCIM Arab Saudi melaksanakan sejumlah kegiatan untuk menyambut Muktamar 48 Muhammadiyah, yang bakal digelar di Surakarta, 18-20 November 2022 mendatang.

Kegiatan tersebut yakni “Muhammadiyah Day” dengan tema “Bersama merajut ukhuwah”. Selain itu, para anggota Muhammadiyah juga akan menyukseskan kegiatan ‘Muktamaride’, dengan bersepeda di seputar Madinah, serta kegiatan Jelajah Badar.

Prof Ambo Asse, yang merupakan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, merespon baik perkembangan tersebut.

Ia menitip pesan khusus, agar para pengurus PCIM yang berasal dari Sulsel, setelah menyelesaikan studi dapat kembali mengembangkan pesantren Muhammadiyah yang ada di Sulsel, yang saat ini berjumlah 31 buah.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply