UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Salah satu mahasiswa dari Prodi Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) jalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di Provinsi Krabi, Thailand.

Rezky Ahmad, mahasiswa Teknik Pengairan Unismuh, sedang mengikuti KKN-PPL selama satu bulan, 23 September hingga 19 Oktober 2022.

Saat mengunjungi mahasiswa KKN di Thailand, Ketua Lembaga Bahasa, Kerjasama dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh yang juga Dosen Pendamping KKN-PPL Thailand, Maharida, berpesan agar mahasiswa menjaga etika dan tanggung jawab untuk belajar dan mengajar dengan baik di Krabi, Thailand.

Menurut Maharida, mahasiswa bukan hanya membawa nama kampus, melainkan juga nama baik negara. “Oleh karena itu etika dan tanggung jawab harus dipegang teguh oleh setiap Mahasiswa karena nama Negara Indonesia yang dibawa,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Resky Ahmad, membagikan kesannya mengikuti kegiatan itu. Resky menceritakan, ia bersama tiga orang lainnya dari UHAMKA Jakarta ditempatkan di ADAMISOKSA SCHOOL.

“Kami diterima oleh penggagas Eakkapap Sasanawich Islamic School yang dijuluki Babo atau dalam bahasa Indonesia adalah Kiai. Beliau mengajak mahasiswa pergi jalan-jalan sekaligus mengenal lebih dalam sejarah dan monumen yang ada di Thailand sejak jutaan tahun yang lalu,” jelas Resky saat dihubungi, Kamis, 6 Oktober 2022

Perjalanan itu, kata dia, dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan sejarah, makanan, budaya, agama dan lokasi wisata yang yang ada di Thailand.

“Perjalanan tersebut sangatlah berharga bagi mahasiswa Indonesia pastinya karena dari hal tersebut dapat diketahui bahwa bukan hanya banyaknya wisatawan lokal yang meramaikan tempat wisata, namun wisatawan dari berbagai negara ikut meramaikan,” imbuh mahasiswa Fakultas Teknik Unismuh angkatan 2020 ini.

“Ini merupakan hal baru untuk mahasiswa Indonesia yang menjadikan rasa penasaran akan keindahan dan keunikan Thailand,” tambah Resky.

Sebagai informasi, Krabi terletak di bagian selatan Thailand, sepanjang Andaman. Berbatasan langsung dengan Provinsi Phang Nga, Surat Thani, Nakhon Si Thammarat and Trang.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply