UNISMUH.AC.ID, GOWA – Tim Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kabupaten Gowa. Kegiatan PKM tersebut dalam bentuk pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran Merdeka bagu guru TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal (ABA) se-Kabupaten Gowa.

Kegiatan yang diikuti 36 orang guru TK ABA di Gowa ini, digelar di Pusat Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Gowa, Rabu, 14 September 2022.

Tim PKM tersebut dipimpin Prof Andi Tenri Ampa, sebagai Ketua. Anggotanya terdiri dari Sri Sufliati Romba MPd. Hadir pula pemateri dari PAUD, Indrawati, MPd, yang juga merupakan asesor PSP-PGP GTK Kemdikbud. Selain itu, ada dua orang mahasiswa yang juga dilibatkan dalam kegiatan PKM ini.

Kegiatan turut dihadiri sejumlah pengurus teras Aisyiyah, antara lain Sekertaris Pimpinan Aisyiyah Sulsel Dr Hidayah Quraisy, Ketua Majelis Dikdasmen Aisyiyah Gowa, dan Wakil Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Gowa.

Materi yang disajikan dalam kegiatan PKM ini yakni, Karakteristik Kurikulum Merdeka PAUD, Profil Pelajar Pancasila, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran dan ATP berdasarkan SK Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan No. 33 tahun 2022.

Selain itu, para guru TK ABA diberikan pula pelatihan membuat Peta Konsep Pembelajaran dan membuat modul ajar dengan ragam kegiatan bermain yang bermakna.

“Alhamdulillah, kegiatan ini mendapatkan respon dan apresiasi yang sangat baik dari para guru. Mereka sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini,” ungkap Prof Andi Tenri Ampa.

Ia melanjutkan, menurut para guru TK ABA di Kabupate Gowa, selama ini penerapan kurikulum Merdeka untuk PAUD masih kurang dipahami. Namun setelah diberikan pelatihan ini, lanjut Prof Andi Tenri Ampa, mereka dapat memahami dan tertarik mengikuti kegiatan ini.

“Kami semua berharap setelah kegiatan pelatihan ini, para guru dapat mempersiapkan diri untuk dapat menerapkan Kurikulum Merdeka tingkat PAUD, khususnya pada TK ABA di Kabupaten Gowa,” tutup Guru Besar FKIP Unismuh Makassar ini.

(*)

Leave a Reply