UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Makassar) bersama Universitas Muhammadiyah Sorong (Unamin) membuka Kuliah Kolaboratif Mata Kuliah Fisiologi Hewan Air pada Rabu, 28 September 2022 virtual melalui Zoom.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Program Studi (Prodi) Budi Daya Perairan (BDP) Unismuh Makassar dan Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP) Unamin.

Ketua Prodi BDP Unismuh, Asni Anwar MSi, mengatakan bahwa kuliah kolaboratif ini merupakan simbiosis mutualisme antara kedua universitas.

“Sebab keduanya bisa merealisasikan Program MBKM Kemendikbud sekaligus Tridharma Perguruan Tinggi. Ini tentu menjadi syarat untuk mencapai akreditasi Prodi ke tingkat yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Asni melanjutkan, bahwa dalam kuliah ini akan terjadi transfer Iptek antara kedua Prodi sehingga khazanah pengetahuan yang diterima mahasiswa jadi lebih banyak.

“Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk perbaikan sistem pengajaran menuju penyempurnaan Rencana Pembelajaran Semester(RPS) sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Nantinya, kata Asni, kedua Prodi berencana menggelar Webinar dan menghasilkan jurnal untuk mendapatkan outcome yang berkualitas.

“Diharapkan menghasilkan artikel review yang dapat dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi, sebagai karya mahasiswa peserta mata kuliah yang dibimbing oleh dosen pemandu mata kuliah,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Prodi MSDP Unamin, Ratna MSi, berharap agar kerjasama ini menjadi wadah silaturahmi yang berkelanjutan.

“Jadi tidak hanya di kolaboratif pengajaran pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan Air, namun juga pada kegiatan kegiatan akademik lainnya,” tukasnya.

Diketahui kuliah kolaboratif ini diikuti oleh para mahasiswa Prodi BDP Unismuh dan MSDP Unamin, serta dihadiri oleh dosen masing masing Prodi, yakni Dr Hamsah dan Dr Murni dari Unismuh, serta Ilham Marasabessi MSi dari Unamin.

Ketiga dosen tersebut sebelumnya telah mendiskusikan rumusan pokok bahasan yang akan diajarkan dalam Mata Kuliah Fisiologi Hewan Air.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply