UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Masa Orientasi Akademik dan Ta’aruf Mahasiswa Baru (MABA), Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tahun ajaran 2022-2023, dilaksanakan secara daring di sejumlah fakultas, Kamis, 8 September 2022.

Fakuktas yang melaksanakan orientasi akademik mahasiswa baru yakni Fakuktas Teknik, Fakuktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam dan Fakuktas Fisip.

Khusus Fakuktas Teknik pelaksanaan Orientasi Akademik mahasiswa baru dilaksanakan di Mini Hall Fakultas Teknik Unismuh lantai 3.

Sebanyak 488 mahasiswa baru Fakultas Teknik dari lima prodi yang mengikuti orientasi akademik melalui daring yakni Prodi Informatika 187 orang, Prodi Teknik Pengairan 103 orang, Prodi Teknik Elektro 93 orang, Prodi Arsitektur 65 orang serta Prodi Perencanaan Wilayah Kota 40 orang.

Acara ini dibuka Dekan Teknik Dr Hj Nurnawaty, sekaligus membawakan materi. Hadir Wakil Dekan I, Muhammad Syafaat S Kuba MT, Wakil Dekan II Dr Andi Makbul Syamsuri, Wakil Dekan III Teknik, Fauzan Hamdi, Wakil Dekan IV Dr Abdul Rahman Bahtiar, Kabag TAU Drs Bakri Salempang dan beberapa ketua prodi.

Sebelum acara dibuka, diawali dengan pengajian oleh Wakil Dekan IV, Abdul Rahman Bahtiar, menyampaikan tentang keutamaan menuntut ilmu. Dikatakan orang yang menuntut ilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Dekan Teknik Dr Hj Nurnawaty saat membuka berpesan kepada mahasiswa baru Teknik memperhatikan masa studinya. Dia berharap mahasiswa bisa menyelesaikan studinya tepat waktu yaitu 4 tahun dan paling lama 7 tahun.

Dekan juga berpesan mahasiswa ketika meninggalkan Unismuh dengan mendapatkan ijazah. Karena ada juga mahasiswa,katanya, meninggalkan kampus tanpa ijazah karena mereka di drop out (DO) atau dikeluarkan karena ada pelanggaran berat.

“Saya tidak ingin ada mahasiswa yang meninggalkan Unismuh tanpa membawa pulang Ijazah,”ujar Nurnawaty.

Dalam kesempatan ini pula Dekan Teknik menyampaikan visi dan misi fakuktas
Teknik Unismuh Makassar, yakni menjadi Fakuktas Teknik yang Islami, Unggul dalam bidang teknik, terpercaya oleh masyarakat dan mandiri dalam pengelolaan serta 6 misi fakultas. Dekan juga mengenalkan struktur organisasi yang ada di fakultas serta prodi yang dibina.

Sementara Wakil Dekan I Teknik Bidang Akademik, Muhammad Syafaat S.Kuba, juga menyampaikan hal-hal yang terkait dengan bidang akademik dan kerjasama. Dikatakan model akademik yang diterapkan sama dengan yang ada di perguruan tinggi berdasarkan standar pendidikan tinggi.

Syafaat juga menyampaikan terkait akademik, juga mengingatkan mahasiswa baru lama masa studi paling lama 7 tahun dan paling cepat 4 tahun. Serta jumlah SKS yang harus diselesaikan paling sedikit 144 SKS dan paling banyak 156 SKS.

Dalam proses belajar mahasiswa untuk semester pertama dan kedua akan disajikan mata kuliah oleh prodinya dan semester 3 sampai 8 ditentukan oleh mahasiswanya sendiri sesuai kemampuannya.

Lain halnya Wakil Dekan II Bidang SDM dan Keuangan, Dr Andi Maqbul Syamsuri, menyampaikan masalah keuangan. Dikatakan, saat sudah menjadi mahasiswa Unismuh diarahkan untuk pembayaran SPP dan BPP.

“Untuk pembayaran SPP dilakukan pembayaran setiap semester berarti dua kali dalam setahun. Sementara untuk pembayaran BPP dilakukan sekali selama menjadi mahasiswa,”ujar Andi Maqbul

Kepala Bagian Tata Usaha, Bakri Salempang, MPd juga memberikan materi terkait dengan bidang tugasnya yakni administrasi akademik.

Dikatakan, Bakri Salempang, bagian tata usaha ada sub bagian, yakni Sub Bagian Akademik, Sub Bagian Keuangan dan Umum serta Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni.

Bagian tata usaha mempunyai tugas dan fungsi diantaranya, pelaksanaan urusan pendidikan, urusan administrasi, urusan ketatalaksanaan, pelaksanaan pengelolaan data dan pelaksanaan evaluasi dan pelaporan fakultas.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply