UNISMUH.AC.ID, PANGKEP – Tim Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekretariat Kelompok Tani Hutan (KTH) Lamperangan, Kabupaten Pangkep, Ahad 7 Agustus 2022.

PKM dalam rangka pengembangan eduwisata berbasis agroekosistem ini diketuai oleh Dr Syamsia (Dosen Prodi Agroteknologi) bersama anggota Asriyanti Syarif MSi (Dosen Prodi Agribisnis) dan Rohana MT (Dosen Prodi Arsitektur).

“Terima kasih pada Kemendikbud yang telah mendanai kegiatan ini melalui hibah pengabdian masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat tahun anggaran 2022,” ujar Syamsia.

PKM ini dimulai dengan pelatihan pembuatan pupuk organik oleh Dr Syamsia. Dia memanfaatkan limbah pertanian yang ada di lokasi kegiatan.

Sebelum dilakukan pencampuran bahan, jerami dicacah menggunakan mesin pencacah (jerami, sekam, pupuk kandang, dedak, molases, EM4).

Pelatihan selanjutnya, yakni pembukuan dasar oleh Asriyanti Syarif MSi. Dirinya menjelaskan jenis jenis pembukuan, cara pengisian, melakukan praktek pencacatan aktifitas pembelian dalam jurnal dan cara pencatatan ke buku besar.

Terakhir, pelatihan perancangan taman eduwisata oleh Rohana MT. Sesi ini diawali dengan survey lokasi, penentuan elevasi, mengidentifikasi pemanfaatan bahan bahan dan material yang dapat digunakan dalam perancangan taman, jenis tanaman yang akan digunakan, serta penjelasan perancangan taman refugia berbasis eduwisata.

Turut hadir dalam kegiatan ini Nasrullah Salam SH (Kepala Desa Kabba), Sanusi Darwis MSi, Ir Nurfaidah Zainal dan Herawati SP (Penyuluh Kehutanan Kabupaten Pangkep), pengurus dan anggota KTH Lamperangan, serta mahasiswa Prodi Agroteknologi Unismuh Makassar.

(Rls)

Leave a Reply