UNISMUH.AC.ID, BULUKUMBA – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar program kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM), di Bulukumba, Kamis 14 Juli 2022.

Kegiatan PKM PGPAUD Unismuh Makassar ini digelar di Kabupaten Bulukumba dengan mengusung tema ‘Pengembangan Media Pembelajaran berbasis IT’.

Kegiatan ini dihadiri oleh para guru-guru PAUD yang tergabung dalam Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), se-Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba dan juga mahasiswa PIAUD STAI Al Gazali Bulukumba.

Ketua Prodi PAUD Unismuh Tasrif Akib mengungkapkan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam rangka realisasi program kerjasama antara ketiga lembaga yaitu Prodi PAUD Unismuh, Prodi PIAUD Al-Gazali dan HIMPAUDI se-Kecamatan Kindang Bulukumba.

“Ini merupakan integrasi dari salah satu matakuliah prodi PGPAUD Unismuh ke dalam kegiatan pengabdian kemasyarakatan,” tandas Tasrif Akib.

Dikatakan, pelaksanaan pengabdian kali ini terkesan berbeda dari kegiatan pengabdian sebelumnya di mana saat ini beberapa mahasiswa PGPAUD Unismuh ikut terlibat secara langsung dalam kegiatan dan bertindak sebagai pendamping pemateri.

Tasrif menambahkan, bentuk dari kurikulum PGPAUD Unismuh dengan kompetensi lulusan matakuliah yang mengharuskan setiap mahasiswa menghasilkan karya dan kemudian mengkomunikasikan hasil karya mereka kepada pihak yang membutuhkan.

Dosen pengampu matakuliah Nur Alim Amri, mengatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan bentuk dari pengembangan softskill mahasiswa.

“Selaku dosen berusaha untuk mengembangkan nilai 4C yaitu Critical thingking, communication, creativity, dan collaboration,” ujar Nur Alim Amri.

Sehingga lanjut Nur Alim para mahasiswa lulusan PGPAUD Unismuh tidak hanya memiliki kemampuan mengajar tetapi juga memiliki kemampuan mengembangkan perangkat pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai pasar pendidikan pada era digital saat ini.

Alim Amri menuturkan, matakuliah pengembangan media berbasis IT ini, mahasiswa telah menghasilkan karya media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi/software prezi dan powtoon.

“Karya tersebut rencananya akan didaftarkan pada lembaga HKI sehingga menjadi milik para mahasiswa secara paten sebelum kemudian disebarluaskan,” lanjut Nur Alim.

Pada akhir kegiatan pengabdian, Ketua Prodi PIAUD Al Gazali Rohani yang juga selaku pembina beberapa satuan pendidikan di kabupaten Bulukumba menyayangkan kegiatan ini hanya diikuti oleh guru-guru PAUD dalam lingkup satu kecamatan saja,

“Berharap kedepan kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam skala yang lebih besar lagi mengingat pentingnya peran teknologi dalam kegiatan pembelajaran pada era saat ini,” kunci Rohani.

(Rls)

Leave a Reply