UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022. Di Makassar, salah satu lokasi pelaksanaan Salat Id yakni di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Khutbah Hari Raya Idul Adha akan dibawakan oleh Dr KH Abbas Baco Miro Lc, Sekretaris Majelis Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel yang juga merupakan Direktur Pendidikan Ulama Tarjih Unismuh Makassar.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Unismuh Makassar Rizal memprediksi jamaah yang akan salat di Unismuh bakal membludak. Hal ini berdasarkan pengalamannya menjadi PHBI, ketika terjadi perbedaan penetapan hari lebaran antara Pemerintah dan Muhammadiyah, lebih banyak masyarakat yang ikut salat di Unismuh.

Namun menurutnya, hal itu telah diantisipasi PHBI Unismuh. Pelataran kampus Unismuh sanggup menampung ribuan jamaah.

“Jamaah yang biasa melaksanakan salat hari raya idul adha maupun salat idul fitri adalah keluarga besar Unismuh, warga Muhammadiyah dan masyarakat yang ada sekitar kampus,” ungkap Rizal

Selain pelaksanaan Salat Id, lanjut Rizal, juga akan dilaksanakan penyembelihan hewan kurban sapi dan kambing.

Hingga Kamis, 7 Juli 2022, tercatat 9 ekor sapi bakal disembelih di Unismuh Makassar. “1 ekor sapi dari Pak Rektor, 1 sapi dari Wakil Rektor I, dan 1ekor dari Bank Bukopin Syariah. Tiga ekor dari kelompok gabungan, dan tiga ekor sapi dari SMP Unismuh. Ada pula beberapa ekor kambing,” ujar Rizal.

Sebagaimana tahun sebelumnya, hewan kurban akan dibagikan kepada karyawan Unismuh yang telah mendapatkan kupon hewan kurban dari panitia.

Edaran Libur

Sementara itu, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse juga mengeluarkan surat edaran tentang penetapan hari libur Hari Raya Idul Adha bagi civitas akademika Unismuh Makassar.

Dalam surat edaran nomor 1008/05/A-2-II/VII/43/2022 tanggal 7 Juli 2022, ditetapkan libur hari Raya Idul Adha 1443 H berlangsung selama empat hari dimulai Sabtu hingga Selasa (9 – 12 Juli 2022 ).

Aktivitas perkantoran di Unismuh baru akan dibuka kembali pada Rabu 13 Juli 2022.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply