UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Tim Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar diseminasi luaran Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT) di salah satu kampus mitra, Universitas Mega Rezky (Unimers).

Luaran penelitian tersebut dalam bentuk buku monograf berjudul “Speaking Naturally: Kolbs Learning Style”. Diseminasi buku monograf itu dihelat di Kampus Unimerz, Senin, 4 Juli 2022.

Tim penulis buku monograf yakni Dr Eny Syatriana, Erwin Akib PhD, dan Syaiful MPd. Ketiganya merupakan dosen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar. Diseminasi diikuti puluhan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unimerz.

Ketua Tim Dr Eny Syatriana mengungkapkan bahwa salah satu karakteristik belajar yang mempengaruhi cara mahasiswa dalam mengolah informasi termasuk dalam proses dalam pembelajaran adalah mengetahui gaya belajar.

“Memahami gaya belajar akan memengaruhi kemampuan mahasiswa terkait karakteristik belajar dalam menggambarkan bakat dan minat mahasiswa. Gaya belajar juga diduga kuat memberi efek dalam mengkonstruksi pikiran mahasiswa untuk dikonversi ke dalam bentuk perilaku belajar,” ujarnya.

Eny menambahkan, buku ini didesain berdasarkan gaya belajar pembaca untuk lebih bisa mengekspresikan pendapat ataupun gagasan yang sesuai dengan gaya belajar.

“Kami menggelar diseminasi di Pendidikan Bahasa Inggris Unimerz untuk menerima input keberterimaan gaya belajar Kols, sehingga dapat meningkatkan semangat dan motivasi pada pembalajaran mata kuliah Speaking,” tutupnya.

(Rls)

Leave a Reply