UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berupaya maksimal mendorong pencapaian akreditasi institusi dan prodi se-Unismuh menjadi Unggul. Salah satu langkahnya dengan menggelar kegiatan pendampingan pengisian Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Lembar Evaluasi Diri (LED) bagi Pimpinan Program Studi (Prodi) se-Unismuh Makassar.

Ketua BPM Unismuh Dr Burhanuddin menjelaskan, demi efektivitas pendampingan, tiap fakultas akan diundang secara bergiliran.

“Hari ini, kita mengundang Prodi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kamis Besok, semua prodi yang ada di Fakultas Agama Islam,” katanya saat memberi pengantar dalam kegiatan pendampingan tersebut, di Aula Mini Lantai 15 Gedung Iqra Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Rabu, 15 Juni 2022.

Sementara itu, fakultas lain juga bakal diundang dalam waktu dekat, usai kegiatan Milad dan Wisuda Unismuh yang bakal dihelat pekan depan.

Burhanuddin menambahkan, Unismuh telah memiliki Sistem Penjaminan Mutu (Sispenmu) yang dapat diakses dan disisi secara digital oleh semua Pimpinan Prodi.

Sementara itu, Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda yang hadir membuka acara, mengapresiasi Langkah yang diambil BPM. Menurutnya, pengisian LKPS dan LED di semua prodi penting dilakukan secara simultan, karena memiliki keterkaitan satu sama lain.

Edupreneur University 2040

Rakhim Nanda juga memotivasi para Ketua Prodi agar berpikir visioner dalam menjalankan tugas masing-masing. Ia menguraikan visi Unismuh menjadi Edupreneurship University pada tahun 2040.

“Periode ini kita targetkan memiliki national reputation, dengan indikator terakreditasi Unggul. Periode selanjutnya, kita berupaya naik kelas menjadi universitas dengan international reputation,” ungkap Alumni Program Doktor Universitas Hasanuddin ini.

Setelah bereputasi internasional, lanjutnya, Unismuh akan focus mencapai predikat sebagai ‘Research University’.

“Jika dosen telah produktif melakukan penelitian, dan hasil penelitiannya dipatenkan. Barulah dikolaborasikan dengan industri. Itulah Edupreneur University. Itu mimpi kita 2045,” tegas Warek I Unismuh Makassar ini.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Dr Andi Jam’an, Wakil Dekan I Agus Diwana Suarni M.Acc dan Pimpinan Prodi dalam lingkup FEB mengikuti kegiatan ini secara aktif. Semua peserta hadir membawa laptop dan dokumen yang dibutuhkan.

Sementara itu tim BPM yang mendampingi peserta dalam pengisian LKPS dan LED, antara lain Amrullah Mansida MT, dan Wahyuddin MEd.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply