UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Drs Andi Lukman dijadwalkan menyerahkan Surat Izin Operasional pembukaan Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar pada Senin, 9 Mei 2022.

Penyerahan SK Mendikbudristek Nomor 294/E/0/2022 tersebut, dilakukan dalam momentum Syawalan (Silaturahmi Idul Fitri) Keluarga Besar Unismuh Makassar, yang bakal digelar di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh Makassar Jl. Sultan Alauddin.

Menurut Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Erwin Akib PhD, yang merupakan salah seorang tim penyusun proposal pendirian Prodi S3 Pendidikan tersebut, kehadiran prodi baru ini diharapkan melahirkan pemikir pendidikan yang mampu menjawab berbagai persoalan pendidikan nasional.

Dibandingkan dengan indeks Pendidikan negara ASEAN lainnya, kata Erwin, pendidikan di Indonesia masih berada posisi 5 terendah.

“Belum lagi data dari World Population Review, Indonesia masih berada pasa posisi 54 dari 78 negara yang masuk dalam pemeringkatan tingkat Pendidikan dunia,” jelas Erwin di kediamannya, Ahad, 8 Mei 2022.

Pendirian Prodi S3 Pendidikan, lanjut Erwin, merupakan salah satu langkah yang ditempuh Unismuh Makassar untuk menghasilkan pemikir pendidikan handal yang dapat menawarkan solusi terhadap persoalan tersebut, setidaknya bisa menjadi lumbung pemikir pendidikan di Kawasan Timur Indonesia.

“Insyaallah Unismuh dapat melahirkan Doktor Pendidkan yang mumpuni dan bisa bersaing dengan alumni program Doktor dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,” jelasnya.

Untuk meraih harapan tersebut, Erwin menekankan pentingnya seleksi masuk yang cukup ketat, untuk menyaring input berkualitas.

“Ini sementara dipersiapkan proses seleksinya. Saya sudah mengusulkan, untuk mendapat input berkualitas, perlu Tes TOEFL, tes Psikologi atau Tes Potensi Akademik dengan standar cukup tinggi, agar kita mendapat input yang berkualitas,” pungkas Alumni Program Doktor Universitas Teknologi Malaysia (UTM) ini.

Ciri khas yang dikembangkan Unismuh pada aspek sikap yakni “mempunyai ketulusan, komitmen untuk mengembangkan sikap, nilai, dan karakter islami dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia untuk berbuat bagi kemaslahatan umat”.

Dari segi keterampilan khusus, S3 Pendidikan Unismuh akan mengembangkan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan komunikatif yang berkarakter islami seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21.

“Sisi keunggulan ini akan terus kami kembangkan, seiring dengan perkembangan tantangan dan kemajuan sains teknologi,” jelas Erwin Akib.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply